Putussibau, Kapuas Hulu (ANTARA) -
Salah satu pemain tim basket 3x3 putri Kalimantan Barat Julia mengaku optimistis timnya dapat meraih medali dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang akan di selenggarakan di Papua pada Oktober 2021 mendatang. 
 
"Semua tim berpeluang dalam meraih prestasi. Kalkulasinya, pertandingan yang hanya memainkan satu kuarter, hasil apa pun bisa terjadi dan predikat tim terkuat pun tidak berlaku pada perhelatan PON kali ini," kata Julia di Pontianak Kalimantan Barat, Rabu. 
 
Menurut dia, peta persaingan cabang olahraga bola basket 3x3 putri pada PON XX Papua akan sama kuat, dan semua kontestan berpeluang meraih medali. 
 
Dalam ajang olah raga tersebut, sebanyak delapan tim akan berlaga, yakni DKI Jakarta, Bali, Sumatra Barat, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatra Utara, Kalimantan Barat dan tuan rumah Papua. 

Baca juga: Kalbar siap berangkatkan 67 atlet ke PON XX di Papua 
 
Julia pun memprediksi Bali dan DKI Jakarta akan menjadi pesaing yang kuat. Ia mengatakan Bali yang diperkuat dua pemain dengan postur tubuh tinggi akan mampu melakukan lemparan tiga angka. Sementara DKI Jakarta dinilai mempunyai pemain yang lengkap, mulai dari playmaker maupun center.

Meski demikian, ia mengungkapkan tim Kalbar sudah mempersiapkan pemain center untuk menghalau pergerakan lawan yang berpostur tinggi karena sebetulnya, pemain dengan postur tubuh tinggi itu biasanya pergerakannya lamban. 
 
"Hingga saat ini, kami terus melakukan latihan secara intens dan kami optimis dan percaya diri bisa bersaing, di 3x3 ini semuanya 50:50, waktu yang dipakai 1 (satu) kuarter, semua bisa terjadi, bagi tim kuat atau tim yang tidak kuat," ucap Julia bersemangat. 

Baca juga: Atlet anggar Kalbar Oktavianus targetkan medali emas di PON XX Papua 
Baca juga: Kalbar targetkan dua medali emas dari cabang biliar PON-XX 
Baca juga: Syella Nastasha atlet Wushu Taolu Perkuat Kalbar di PON-XX 

 

Pewarta: Teofilusianto Timotius/Slamet
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021