Jakarta (ANTARA) - Rumah Sakit TNI Angkatan Udara (RSAU) dr. Esnawan Antariksa di Jakarta, Rabu, menerima sumbangan tiga mesin terapi oksigen beraliran tinggi (HFNC), yang dapat membantu perawatan pasien COVID-19, dari perkumpulan Alumni Universitas Oxford Indonesia (OXSI).

Sumbangan itu diserahkan oleh Presiden Alumni OXSI dr. Teddy Tjandra dan diterima langsung oleh Kepala RSAU dr. Esnawan Antariksa Kolonel Kes dr. Mukti A Berlian.

Kepala RSAU melalui siaran tertulisnya yang diterima di Jakarta menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan dan dukungan yang diberikan oleh OXSI untuk membantu merawat pasien COVID-19.

Pasalnya, mesin terapi oksigen beraliran tinggi itu telah direkomendasikan oleh para ahli sebagai pertolongan pertama bagi pasien COVID-19 yang mengalami hipoksemia atau penurunan kadar saturasi oksigen dalam darah. Alat itu juga berguna untuk membantu pasien yang mengalami gejala gagal napas.

Baca juga: Panglima TNI sidak kesiapan Rumkitlap RSAU dr Esnawan

Baca juga: RSAU dr Esnawan Antariksa terima penganugerahan Zona Integritas 2020


Mesin bantu itu dapat diberikan ke pasien COVID-19 tanpa gejala atau para suspek sebagai pertolongan pertama pada saat pasien masih mampu bernapas.

"Semoga bantuan ini dapat membantu kesembuhan pasien COVID-19 di RSAU dr. Esnawan. Untuk itu, mewakili seluruh jajaran RSAU dr. Esnawan Antariksa, kami mengucapkan terima kasih kepada Alumni Universitas Oxford Indonesia," ujar dr. Berlian yang saat ini turut bertugas sebagai dokter pribadi Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Sementara itu, Presiden Alumni Universitas Oxford Indonesia dr. Teddy Tjandra berharap mesin HFNC itu dapat digunakan dengan baik di RSAU.

"Mudah-mudahan bisa membantu RSAU dr. Esnawan Antariksa dalam penanganan COVID-19 yang dirawat di rumah sakit ini," ucap dr. Teddy.

Dalam sesi penyerahan itu, Kepala RSAU didampingi oleh jajaran rumah sakit, di antaranya Sesdis RSAU Letkol Kes dr. I Wayan S dan Kajangkes Letkol Kes Rofid Alfian Noor.

RSAU dr. Esnawan Antariksa merupakan salah satu rumah sakit rujukan COVID-19 di Jakarta. Di samping merawat pasien COVID-19, RSAU juga telah membangun rumah sakit lapangan sebagai tempat isolasi pasien COVID-19.

Di samping itu, RSAU juga turut membantu pelaksanaan vaksinasi COVID-19 yang menjadi salah satu cara menekan laju penyebaran penyakit dan upaya membentuk kekebalan kelompok (herd immunity).

Baca juga: "Icarus 89" sumbang 200 APD untuk RSAU Esnawan tangani COVID-19

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2021