London (ANTARA) - Sebanyak 1 dari 7 anak mungkin memiliki gejala yang terkait dengan virus corona beberapa bulan setelah dites positif COVID-19, kata sejumlah peneliti di Inggris tentang COVID-19 pada remaja, Rabu.

Anak-anak jarang menderita sakit parah akibat COVID-19 tetapi mereka dapat menderita gejala yang berkepanjangan, dan penelitian ini adalah salah satu yang terbesar dari jenisnya tentang seberapa umum apa yang disebut COVID yang lama dalam kelompok usia remaja.

Studi yang dipimpin oleh University College London dan Public Health England, menemukan bahwa anak berusia 11 hingga 17 tahun yang dites positif terkena virus dua kali lebih mungkin melaporkan tiga atau lebih gejala 15 minggu lebih lambat daripada mereka yang dites negatif.

Para peneliti mensurvei 3.065 anak berusia 11 hingga 17 tahun di Inggris yang memiliki hasil positif dalam tes PCR antara Januari dan Maret, dan kelompok kontrol yang terdiri dari 3.739 anak berusia 11 hingga 17 tahun yang dites negatif selama periode yang sama.

Di antara mereka yang dites positif, 14% melaporkan tiga atau lebih gejala seperti kelelahan yang tidak biasa atau sakit kepala 15 minggu kemudian, dibandingkan dengan 7% yang melaporkan gejala pada saat itu di antara kelompok kontrol.

Para peneliti mengatakan bahwa sementara temuan itu menunjukkan sebanyak 32.000 remaja mungkin memiliki beberapa gejala yang terkait dengan COVID-19 setelah 15 minggu, prevalensi COVID yang lama pada kelompok usia itu lebih rendah daripada yang ditakuti beberapa orang tahun lalu.

"Secara keseluruhan, ini lebih baik daripada yang diperkirakan orang pada bulan Desember," Profesor Terence Stephenson dari Institut Kesehatan Anak Great Ormond Street UCL, mengatakan kepada wartawan.

Temuan itu adalah pracetak yang belum dilakukan tinjauan sejawat.. Para penulis hasil penelitian itu mengatakan bahwa setiap keputusan untuk memperpanjang vaksinasi kepada anak berusia 12 hingga 15 tahun di Inggris tidak mungkin didasarkan pada penelitian ini karena tidak ada cukup data tentang apakah vaksinasi melindungi terhadap COVID yang lama.

“Kami mendapatkan semakin banyak bukti tentang keamanan vaksin pada anak berusia 12 hingga 15 tahun dan itu lebih mungkin untuk dipertimbangkan,” Liz Whittaker, seorang dokter anak di Imperial College London, mengatakan kepada wartawan.

Sumber: Reuters
Baca juga: Menteri Inggris tolak vaksinasi massal untuk remaja
Baca juga: Italia setujui vaksin COVID-19 Moderna untuk remaja
Baca juga: Inggris akan tawarkan suntikan COVID-19 anak berusia 16, 17 tahun

Penerjemah: Mulyo Sunyoto
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2021