Dukung "herd immunity", PWI Depok gelar vaksinasi keluarga wartawan

Dukung "herd immunity", PWI Depok gelar vaksinasi keluarga wartawan

Salah seorang keluarga wartawan ketika mengisi biodata untuk mengikuti vaksinasi di RSUD Depok, Jawa Barat, Rabu (1/9/2021). ANTARA/HO-PWI Kota Depok/am.

Kami berharap seluruh wartawan di Kota Depok dan keluarganya terhindar dari COVID-19 dan walau sudah divaksin harus tetap taat protokol kesehatan (prokes). Semoga juga cepat terbentuk herd immunity di kalangan wartawan
Depok (ANTARA) - Persatuan Wartawan Indonesia ( PWI) Kota Depok, Jawa Barat menggelar vaksinasi COVID-19 untuk kalangan keluarga wartawan selama empat hari di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok Jawa Barat sebagai upaya mendukung tercapainya "herd immunity" (kekebalan kelompok).

"Ada sebanyak 82 wartawan dan keluarga, yang juga diikuti anak usia 12 tahun ke atas. Semua antusias mengikuti vaksinasi di RSUD Kota Depok," kata Ketua Panitia Vaksinasi Keluarga Wartawan PWI Kota Depok, Hendrik Raseukiy, Kamis di Depok.

Hendrik yang juga Wakil Ketua II PWI Kota Depok ini menjelaskan bahwa pelaksanaan vaksin untuk kalangan wartawan dan keluarga yang berdomisili di Kota Depok ini berlangsung selama empat hari di RSUD Kota Depok yang dimulai pada Senin (30/8) hingga Kamis (2/9) 2021  pukul 13.00 WIB.

"Adapun vaksin yang digunakan yakni jenis Pfizer dengan batasan usia 12 tahun ke atas," katanya.

Menurut dia pada Senin (30/8) sebanyak 20 wartawan dan keluarga sudah mengikuti vaksin. Sebelum divaksin, peserta vaksin diwawancarai terlebih dahulu oleh tenaga kesehatan terkait kondisi kesehatan. Kemudian dilanjutkan dengan pengecekan tekanan darah.

"Profesi wartawan kerap bertemu dengan banyak orang dan mengunjungi berbagai tempat sehingga harus divaksin demi kesehatan. Di rumah kan ada anak, istri, ada keluarga. Keluarga wajib juga divaksin biar aman dan sehat," katanya.

Ketua PWI Kota Depok Rusdy Nurdiansyah menambahkan pihaknya akan terus membantu Pemkot Depok dalam mempercepat pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dengan harapan target 70 persen pemberian vaksinasi di Kota Depok dapat terealisasi pada Oktober mendatang.

"Pelaksanaan vaksinasi untuk wartawan sudah kali kedua dilaksanakan PWI Kota Depok yang bekerja sama dengan RSUD Kota Depok," katanya.

Sebelumnya, kata dia, sudah dilaksanakan pada Maret 2021. Pelaksanaan vaksinasi kali ini untuk wartawan dan keluarga. Ini bagian keikutsertaan PWI Kota Depok untuk menekan kasus COVID-19 di Kota Depok.

"Semoga upaya ini dapat mewujudkan 'herd immunity'," katanya.

Direktur RSUD Kota Depok, dr Devi Maryori menjelaskan bahwa pihaknya menugaskan 12 petugas kesehatan untuk melakukan vaksinasi PWI Kota Depok, yakni dua dokter, sembilan perawat, dan tiga petugas administrasi.

Untuk alur pemberian vaksinasi sama dengan yang ditetapkan yakni pendaftaran, skrining dan pemeriksaan, pemberian vaksin, serta pemantauan.

"Kami berharap seluruh wartawan di Kota Depok dan keluarganya terhindar dari COVID-19 dan walau sudah divaksin harus tetap taat protokol kesehatan (prokes). Semoga juga cepat terbentuk herd immunity di kalangan wartawan," demikian Devi Maryori.

Baca juga: Presiden tinjau pelaksanaan vaksinasi massal di RSUI Depok

Baca juga: Menparekraf kunjungi sentra vaksinasi di Depok

Baca juga: Vaksinasi COVID-19 dosis pertama di Depok mencapai 272.687 orang

Baca juga: Kapolres Tak Beri Tanggapan, Wartawan Depok Kembali Unjuk Rasa

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Binda Sumbar targetkan 12.000 orang terima vaksin di 6 kabupaten

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar