Kami optimistis pertumbuhan bisa berkisar 15-20 perseroan pada tahun ini dibandingkan 2020 karena pengalaman direktur baru yang cukup mumpuni
Tambah Direksi, HOPE Optimisti (ANTARA) - Emiten yang bergerak di bidang karoseri kendaraan truk atau kendaraan komersial PT Harapan Duta Pertiwi Tbk (HOPE) optimistis penjualan dapat tumbuh berkisar hingga 20 persen pasca adanya penambahan direktur baru dalam jajaran direksi perseroan.

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) perseroan memutuskan mengangkat Adrianus Eka Putra menjadi direktur.

"Kami optimistis pertumbuhan bisa berkisar 15-20 perseroan pada tahun ini dibandingkan 2020 karena pengalaman direktur baru yang cukup mumpuni," kata Direktur Utama PT Harapan Duta Pertiwi Tbk Kevin Jong dalam keterangan di Jakarta, Kamis.

Kevin menambahkan, permintaan karoseri kendaraan mulai menggeliat setelah tahun lalu terpukul pandemi COVID-19. Permintaan mencuat dari sektor logistik dan pertambangan.

"Permintaan dari sektor pertambangan datang seiring dengan naiknya harga batu bara di pasar dunia," ujar Kevin.

Sementara itu, Adrianus yang baru didapuk sebagai direktur PT Harapan Duta Pertiwi Tbk menilai industri karoseri masih potensial. Permintaan datang tak hanya dari kalangan swasta tetapi juga instansi pemerintah.

"Permintaan dari sektor pemerintahan dan swasta komposisinya berimbang," kata Kevin.

Optimisme terhadap industri karoseri, lanjut Adrianus, juga pararel dengan penanganan pandemi COVID-19 oleh pamerintah, termasuk program vaksinasi. Keberhasilan penanganan masalah kesehatan akan berimbas kepada pemulihan ekonomi, termasuk sektor industri karoseri.

"Saat ini, masalah kita adalah soal kesehatan, yakni pandemi COVID-19. Jika PPKM sudah selesai, permintaan karoseri kendaraan akan kian meningkat," ujar Adrianus.

HOPE berdiri sejak 2005 dan bergerak di bidang karoseri kendaraan truk atau kendaraan komersial di Indonesia. Saat ini, berbagai macam lini produk karoseri HDP mencakup dump truck, tangki air, tangki crude palm oil (CPO) dan bahan bakar minyak (BBM). Ada pula tangki hi-blow, cement mixer, wing box, dan box besi untuk transporter logistik. Selain itu, trailer untuk mengangkut kontainer, self-loader untuk mengangkut alat berat dan berbagai produk high engineering lainnya.

Perseroan tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 24 Mei 2021 melalui mekanisme penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO). Emiten berkode saham HOPE itu menjadi perusahaan tercatat ke-17 pada 2021.

Baca juga: Harga batu bara naik, HOPE optimistis pesanan karoseri meningkat

Baca juga: Produsen karoseri Harapan Duta Pertiwi siap melantai di bursa

 

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021