Lonjakan penjualan dipicu beberapa aspek, di antaranya serah terima proyek high rise The Smith yang didukung oleh para konsumen dan calon pembeli yang antusias
Jakarta (ANTARA) - Emiten properti PT Triniti Dinamik Tbk meraup laba bersih Rp15,13 miliar sepanjang semester I-2021 atau tumbuh 21 persen dibandingkan semester I 2020.

Presiden Direktur PT Triniti Dinamik Tbk Samuel Stepanus Huang mengatakan, laba perseroan ditopang penjualan properti yang melonjak sekitar 43 persen menjadi Rp146,83 miliar.

"Lonjakan penjualan dipicu beberapa aspek, di antaranya serah terima proyek high rise The Smith yang didukung oleh para konsumen dan calon pembeli yang antusias," ujar Samuel dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Triniti Dinamik menggarap proyek hunian vertikal terpadu (mixed use) The Smith di Tangerang, Banten. Proyek itu terdiri atas 652 unit, yaitu 112 unit perkantoran, SOHO 100 unit dan residensial 440 unit. Sebagian unit The Smith sudah diserahterimakan secara tepat waktu, bahkan sudah dihuni oleh pembeli.

Samuel menambahkan, peningkatan penjualan juga ditopang oleh insentif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) yang digulirkan pemerintah. Lewat insentif itu konsumen dibebaskan dari PPN yang sebesar 10 persen dari harga properti yang dibelinya.

Pemerintah membebaskan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) untuk rumah tapak dan rumah susun (rusun) yang dibanderol berkisar Rp300 juta hingga Rp2 miliar. Aturan itu semula berlaku hingga Agustus 2021, namun oleh pemerintah diperpanjang hingga akhir Desember 2021.

"Insentif PPN yang diperpanjang sampai akhir tahun 2021 ikut mendongkrak penjualan kami," ujar Samuel.

Apartemen The Smith dikembangkan perseroan saat permintaan hunian vertikal (high rise building) tengah menghadapi pelemahan. Lalu, pada 2020, di Indonesia muncul pandemi COVID-19 yang berimbas pada sektor properti.

Namun, emiten berkode saham TRUE tersebut terus melaksanakan pembangunan apartemen hingga dapat rampung pada akhir 2020.

"Kami optimistis hingga akhir 2021 mampu bertumbuh dibandingkan tahun 2020," kata Samuel.

Baca juga: Triniti Dinamik optimistis penjualan tahun ini tumbuh 10-15 persen

Baca juga: Masuk bursa, Triniti Dinamik incar pertumbuhan penjualan 30 persen

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021