Jakarta (ANTARA/JACX) - Sebuah video berjudul "Berita Terkini ~ Deklarasi Ganjar Pranowo Dihadiri Langsung Oleh Jokowi, Megawati Mendadak Bungkam!!" beredar di YouTube sejak 24 Agustus 2021.

Pada sampul video tersebut, terlihat Presiden Joko Widodo dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berdiri berdampingan, dengan masing-masing menggunakan pakaian putih di atas panggung.

Pada gambar depan video tertulis pula narasi berikut:
"KAMPANYE AKBAR!!! DIPIMPIN JOKOWI LANGSUNG ! LAUTAN MANUSIA HADIRI ACARA DEKLARASI."

Hingga Rabu (1/9), video yang dimuat kanal YouTube PAKDE TV tersebut sudah diputar hingga 72.568 kali dan mendapatkan 291 komentar.

Namun, benarkah ada deklarasi Ganjar Pranowo yang dihadiri oleh Jokowi itu?
 
Tangkapan layar video berjudul "Berita Terkini ~ Deklarasi Ganjar Pranowo Dihadiri Langsung Oleh Jokowi, Megawati Mendadak Bungkam!!" (Youtube)


Penjelasan:
Faktanya, video sepanjang 10 menit itu tidak memperlihatkan deklarasi Ganjar Pranowo yang juga dihadiri oleh Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi memang sempat muncul pada detik ke-19 dalam video itu.

Namun, Kepala Negara, dalam pernyataannya, sama sekali tidak menyinggung pemberian dukungan politik kepada rekannya di Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tersebut.

"Nanti pada saatnya, saya akan berbicara. Saya akan menyampaikan ke mana kapal besar relawan Jokowi ini akan kemudinya kita arahkan," demikian isi pernyataan Jokowi dalam video di YouTube itu.

Selebihnya, konten video tersebut lebih banyak membahas peluang Ganjar Pranowo dalam Pemilihan Presiden 2024 serta deklarasi kepala daerah petahana itu untuk maju pada Pilpres 2024 oleh organisasi yang dinamakan "Sahabat Ganjar".

Klaim: Video deklarasi Ganjar Pranowo dihadiri oleh Jokowi
Rating: Salah/Disinformasi 
  
Cek fakta: Hoaks! Megawati tunjuk Jokowi jadi Ketua Umum PDIP

Cek fakta: Hoaks! Jokowi akan jual sebagian Kaltim

Cek fakta: Hoaks! Jokowi siap pimpin tiga periode

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2021