Kompleks Balai Kota Yogyakarta resmi menjadi kawasan wajib vaksin

Kompleks Balai Kota Yogyakarta resmi menjadi kawasan wajib vaksin

Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi (kanan) bersama Sekda Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya (kiri) usai menetapkan Balai Kota Yogyakarta sebagai kawasan wajib vaksin, Kamis (2/9/21). ANTARA/Eka AR

kebijakan ini tidak merepotkan
Yogyakarta (ANTARA) - Kompleks Balai Kota Yogyakarta ditetapkan secara resmi menjadi kawasan wajib masker dan wajib vaksin sehingga mengharuskan warga yang datang ke kompleks birokrasi pemerintah daerah tersebut untuk selalu memakai masker dan sudah menjalani vaksinasi COVID-19.

“Harapannya, seluruh aktivitas di Balai Kota Yogyakarta bisa dilakukan lebih aman karena siapapun yang masuk ke balai kota sudah divaksin yang artinya sudah memiliki kekebalan lebih baik,” kata Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi di Yogyakarta, Kamis.

Meskipun ditetapkan sebagai kawasan wajib vaksin, bukan berarti masyarakat yang belum divaksin tidak bisa mengakses layanan publik di Balai Kota Yogyakarta.

Pemerintah Kota Yogyakarta akan melakukan skrining pengunjung di pintu masuk dan apabila tamu yang berkepentingan di Balai Kota Yogyakarta belum vaksin, maka akan diarahkan ke lokasi vaksinasi di balai kota.

Baca juga: Kasus harian COVID-19 di DIY terus menurun satu pekan terakhir
Baca juga: Yogyakarta buka pendaftaran vaksinasi bagi pelaku seni-budaya


Tamu yang belum vaksin bisa menuju lokasi vaksinasi yang disiapkan di dekat Masjid Pangeran Diponegoro untuk menjalani vaksinasi secara langsung.

Sedangkan tamu yang datang dan sudah vaksin akan diberi gelang sebagai penanda bahwa mereka sudah menjalani vaksinasi.

Vaksin yang disiapkan untuk mengakomodasi tamu atau pengunjung Balai Kota Yogyakarta yang belum melakukan vaksinasi sebanyak 100 dosis per hari.

“Saya kira, kebijakan ini tidak merepotkan atau menghalang-halangi pengunjung mengakses layanan publik. Justru kebijakan ini mendorong agar warga bisa segera mengakses vaksinasi,” katanya.

Hingga saat ini, Pemerintah Kota Yogyakarta telah melakukan vaksinasi kepada sekitar 430.000 warga namun baru 45 persen di antaranya merupakan warga dengan KTP Kota Yogyakarta.

Baca juga: Pasien positif COVID-19 di DIY bertambah 525 orang
Baca juga: Panglima TNI ajak masyarakat di Yogyakarta ikut vaksinasi COVID-19


Sementara itu, salah satu tamu Balai Kota Yogyakarta yang menjalani vaksinasi, Sri Lestari mengatakan sangat bersyukur karena bisa mendapat vaksinasi dengan mudah.

Warga Kulon Progo tersebut setiap hari datang ke Balai Kota Yogyakarta untuk mengantar pesanan katering.

“Sebenarnya sudah mendapat jadwal vaksinasi di Kulon Progo untuk tanggal 13 September. Tetapi kebetulan hari ini ada kewajiban vaksinasi untuk pengunjung, jadi saya diarahkan untuk vaksinasi terlebih dulu. Ya, bersyukur karena bisa mendapat vaksin lebih cepat,” katanya.

Baca juga: Sepekan terakhir, kasus harian COVID-19 Yogyakarta di bawah 100
Baca juga: KAI catat 4.827 orang akses vaksinasi di Daop 6 Yogyakarta
Baca juga: Kemenhub sediakan fasilitas isolasi mandiri di Yogyakarta

Pewarta: Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Babel berlakukan wajib vaksin bagi pengunjung wisata

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar