Hingga pertengahan September KA Bandara YIA bisa diakses gratis

Hingga pertengahan September KA Bandara YIA bisa diakses gratis

KA Bandara YIA saat berada di Stasiun Bandara YIA di Kulon Progo, Senin (30/8/2021). ANTARA/Eka Arifa Rusqiyati/am.

Tarif Rp0 ini ditujukan untuk mengenalkan dan menyosialisasikan hadirnya KA Bandara YIA ke masyarakat umum
Yogyakarta (ANTARA) - Layanan KA Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) mulai dibuka untuk penumpang umum sejak 1 September dan masyarakat bisa memanfaatkan layanan tersebut dengan tarif Rp0 atau gratis hingga 16 September.

“Tarif Rp0 ini ditujukan untuk mengenalkan dan menyosialisasikan hadirnya KA Bandara YIA ke masyarakat umum,” kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta Supriyanto di Yogyakarta, Kamis.

Meskipun masyarakat dapat mengakses layanan KA Bandara YIA secara gratis, namun penumpang tetap diwajibkan membeli tiket yang bisa diperoleh di stasiun-stasiun pemberangkatan yaitu di Stasiun Tugu Yogyakarta, Stasiun Wates, dan Stasiun Bandara YIA.

Pembelian tiket tetap diwajibkan karena kapasitas penumpang akan dibatasi maksimal 50 persen dari kapasitas total sebagai upaya untuk memastikan terpenuhinya aturan jaga jarak untuk mengurangi potensi penularan COVID-19.

Sejumlah persyaratan lain pun ditetapkan untuk bisa mengakses layanan KA Bandara YIA di antaranya wajib menunjukkan STRP atau surat keterangan lain yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah setempat atau surat tugas dari pimpinan perusahaan.

Penumpang tidak perlu menunjukkan kartu atau sertifikat vaksinasi dan surat bebas COVID-19 baik dari pemeriksaan rapid test antigen atau swab PCR.

Namun sewaktu-waktu tetap bisa dilakukan rapid test acak kepada penumpang di stasiun.

Seperti saat uji coba pada akhir Agustus, layanan KA Bandara YIA yang melayani rute Stasiun Tugu Yogyakarta menuju Yogyakarta International Airport di Kulon Progo tersebut dioperasionalkan dalam delapan perjalanan atau empat perjalanan pulang pergi.

Dari Stasiun Yogyakarta, KA Bandara YIA diberangkatkan pukul 05.00 WIB, 07.20 WIB, 10.19 WIB, dan 14.02 WIB, sedangkan dari Bandara YIA diberangkatkan pada pukul 10.25 WIB, 11.57 WIB, 14.55 WIB, dan 16.49 WIB.

Mulai 17 September, KA Bandara YIA akan memberlakukan tarif Rp20.000 untuk penumpang dari Stasiun Tugu atau Stasiun Wates ke Bandara YIA dan sebaliknya.

Sedangkan tarif dari Stasiun Tugu Yogyakarta menuju Stasiun Wates ditetapkan sebesar Rp10.000.

Perjalanan dari Stasiun Tugu Yogyakarta menuju Bandara YIA sepanjang 40,2 kilometer dapat ditempuh dalam waktu 39 menit.

“Perjalanan dengan menggunakan kereta sangat mempersingkat waktu jika dibanding harus menggunakan kendaraan pribadi melalui jalan raya karena waktu tempuh bisa mencapai 1,5 jam,” katanya.

Kehadiran KA Bandara YIA sebagai bagian dari integrasi antarmoda, lanjut dia, diharapkan dapat semakin memudahkan masyarakat untuk mengakses transportasi massal.

Baca juga: PHRI DIY harapkan KA Bandara YIA tambah daya tarik wisata
Baca juga: KAI operasikan delapan perjalanan KA Bandara YIA saat uji coba
Baca juga: KA Bandara YIA pangkas waktu perjalanan jadi 40 menit

 

Pewarta: Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2021

KA Bandara YIA jadi harapan baru industri pariwisata

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar