kita harus lebih waspada. Apalagi dunia saat ini didominasi oleh varian Delta ini
Pangkalpinang (ANTARA) - Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Tito Karnavian meminta Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mewaspadai penyebaran COVID-19 varian Delta yang lebih mudah bertransmisi dibandingkan virus corona varian lainnya.

"Saat ini indikator kasus angka kematian dan bed occupancy rate (BOR) pasien COVID-19 membaik atau mengalami penurunan, namun kita harus tetap waspada COVID-19 varian Delta ini," kata Tito Karnavian usai rapat koordinasi tertutup dengan kepala daerah se-Provinsi Kepulauan Babel di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan COVID-19 varian Delta ini adalah varian mutasi dari virus original yang mudah bertransmisi masuk ke dalam tubuh manusia yang berakibat dua yaitu kecepatan menular ke orang lain.

Baca juga: Mendagri pantau vaksinasi COVID-19 siswa SMAN 2 Pangkalpinang

Selain itu, varian Delta ini memiliki kecepatan replikasi dalam tubuh, sehingga memiliki daya rusak yang lebih kuat dibandingkan varian sebelumnya.

"Jadi kita harus lebih waspada. Apalagi dunia saat ini didominasi oleh varian Delta ini," ujarnya.

Menurut dia, indikator kasus penularan harian kasus, BOR dan angka kematian pasien COVID-19 di Provinsi Kepulauan Babel juga mengalami penurunan, namun sempat menghadapi situasi kenaikan kasus COVID-19 yang cukup tinggi.

Baca juga: Mendagri tegur 10 kepala daerah yang belum bayar insentif nakes

Baca juga: Bertambah 15, pasien COVID-19 meninggal di Babel jadi 1.211 kasus


"Kasus COVID-19 di Babel sebelumnya relatif meningkat dibandingkan penduduk 1,2 juta jiwa," katanya.

Ia menyatakan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo sudah memberikan arahan kepada Menko Perekonomian, Menko Marives, Menteri Kesehatan untuk mewaspadai penularan dan penyebaran COVID-19 varian Delta ini.

"Saat ini memang indikator kasus COVID-19 kembali membaik, namun tetap waspada varian Delta ini," katanya.

Setelah melakukan rapat koordinasi dengan Gubernur Kepulauan Babel, Forkopimda Provinsi Kepulauan Babel dan bupati, wali kota di Pulau Bangka, Mendagri selanjutnya melakukan kunjungan kerja ke Pulau Belitung. 

Baca juga: Babel kerahkan 2.250 petugas lacak warga terinfeksi COVID-19

Baca juga: Lokasi isolasi terpusat di Babel rawat 441 pasien COVID-19

 

Pewarta: Aprionis
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021