Presiden minta kepala daerah manfaatkan Bendungan Way Sekampung

Presiden minta kepala daerah manfaatkan Bendungan Way Sekampung

Presiden Joko Widodo berjalan disekitar pintu air saat meresmikan Bendungan Way Sekampung, Kabupaten Pringsewu, dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Lampung, Kamis (2/9/2021). ANTARA/HO-Biro Pers Setpres/Lukas/aa.

Bandarlampung (ANTARA) - Presiden Joko Widodo meminta kepala daerah di Lampung agar memanfaatkan Bendungan Way Sekampung di Kabupaten Pringsewu untuk kepentingan masyarakat dan petani.

"Saya meminta Gubernur Lampung dan Bupati Pringsewu untuk memanfaatkan bendungan ini untuk kepentingan masyarakat dan petani, " kata Jokowi, pada peresmian Bendungan Way Sekampung di Pringsewu, Kamis.

Selain itu, Presiden juga meminta kabupaten lain di Lampung yang dialiri air dari Bendungan Way Sekampung untuk memanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Ia menyebutkan ketersediaan air di wilayah yang teraliri air dari Bendungan Way Sekampung ini akan tercukupi.

Karena itu, lanjut Presiden, Provinsi Lampung sebagai salah satu lumbung pangan nasional harus menjaga bendungan ini dengan baik.

Presiden Jokowi menambahkan adanya bendungan ini akan meningkatkan produksi tanaman padi. "Dari semula dua kali panen, bisa menjadi tiga kali panen," ujarnya.

Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Way Sekampung, Kabupaten Piringsewu, Provinsi Lampung, yang memiliki kapasitas tampung 68 juta meter kubik dengan luas genangan hingga 800 hektar.

“Bendungan ini multifungsi, bisa untuk irigasi, kemudian untuk air baku, juga untuk pembangkit listrik serta pengendalian banjir,” kata Presiden Jokowi yang disiarkan langsung kanal Youtube resmi Sekretariat Presiden dari Piringsewu, Lampung, Kamis.

Bendungan yang dibangun sejak 2016 tersebut menghabiskan dana Rp1,78 triliun. Bendungan tersebut mampu mengairi 55 ribu daerah irigasi saat ini (existing), dan 17.500 hektar daerah irigasi baru.

Presiden mengatakan kemampuan pengairan dari bendungan ini menunjukkan ekstensifikasi yang diharapkan berkontribusi meningkatkan produktivitas pertanian.

Selain untuk pertanian, bendungan ini juga mampu menyediakan air baku sebanyak 2,737 liter per detik, kemudian menjadi sumber pembangkit tenaga listrik 5,4 Megawatt, dan menjadi pengendali banjir.

Baca juga: Presiden Jokowi resmikan Bendungan Way Sekampung
Baca juga: Jokowi janji beri tambahan vaksin ke Lampung
Baca juga: Presiden Jokowi tinjau langsung program vaksinasi di Lampung

 

Pewarta: Agus Wira Sukarta
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Presiden: Tahun ini Indonesia belum pernah impor beras

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar