Tanamkan nilai moral kepada anak lewat mendongeng

Tanamkan nilai moral kepada anak lewat mendongeng

Ilustrasi (Pexels)

Jakarta (ANTARA) - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) DKI Jakarta dan dan Bunda PAUD Provinsi DKI Jakarta Fery Farhati menegaskan pentingnya mendongeng untuk tumbuh kembang anak karena bisa menanamkan nilai moral lewat cerita yang disampaikan.

"Dongeng dapat melatih panca indra, kemampuan emosi dan menanamkan nilai moral. Indonesia punya banyak cerita dongeng yang sarat nilai luhur bangsa," kata Fery dalam konferensi pers daring, Kamis.

Baca juga: Istri Anies Baswedan resmi menjabat Ketua Dekranasda

Kegiatan mendongeng memiliki manfaat bagi anak terutama dalam merangsang kreativitas dan kecerdasan anak. Mendongeng merupakan bagian dari pendidikan bersama antara anak dan orang tua, yang saling mencerahkan.

Istri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan itu mengatakan orangtua harus memahami bahwa anak-anak punya kebutuhan yang sama saat pandemi maupun sebelum pandemi. Oleh karena itu, orangtua berperan penting dalam membuat anak merasa bahagia, mendapat gizi cukup dan mendapat stimulasi agar tumbuh kembangnya optimal.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Jawa Barat, Atalia Praratya Kamil, menuturkan kegiatan mendongeng bisa menjadi langkah sederhana menanamkan kebiasaan baik literasi sejak dini. Apalagi Indonesia masih punya tingkat literasi rendah, ujar dia.

"Kegemaran baca bukan bawaan lahir, tapi pembiasaan sejak kecil secara terus menerus," ujar dia.

Atalia menegaskan pentingnya mengoptimalkan pertumbuhan anak agar mereka menjadi orang yang kreatif, inovatif, solutif serta bisa bersaing di kemudian hari.

Sedangkan Ketua Yayasan Abang Mpok Sahabat Anak, Nur Asia Uno, menegaskan pembentukan karakter anak dari keluarga sangat penting agar generasi penerus memegang nilai luhur bangsa ketika mereka beranjak dewasa.

Dia mengajak orangtua untuk mendukung tumbuh kembang anak lewat mendongeng.

"Banyak pilihan dongeng asli Indonesia yang menarik, yang diperlukan adalah kemampuan orangtua meluangkan waktu demi si buah hati."


Baca juga: Gaya busana batik pilihan Fery Farhati Baswedan

Baca juga: Dekranasda DKI ajak anak muda bergabung berbisnis suvenir

Baca juga: Cerita rakyat bantu anak berkenalan dengan kebudayaan Indonesia

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Menengok BI corner dan pojok baca dongeng di Tokyo

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar