IMI dan FIM siap hadirkan MiniGP Indonesian Series pada 2022

IMI dan FIM siap hadirkan MiniGP Indonesian Series pada 2022

Direktur Hubungan Internasional IMI Dyan Dilanto, Perwakilan Sport Talent Indonesia Mahrani, Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo dan Waketum Internasional dan Event IMI Happy Harinto di acara jumpa pers peluncuran FIM MiniGP Indonesian Series 2022 di Jakarta. (2/9/2021). ANTARA/Aditya E.S. Wicaksono.

Nanti balapannya tidak hanya di Sirkuit Mandalika, tapi di seluruh Indonesia, minimal lima serie, bisa sampai delapan nantinya
Jakarta (ANTARA) - Ikatan Motor Indonesia bekerja sama dengan federasi balap motor internasional (FIM) akan menghadirkan kejuaraan MiniGP Indonesian Series pada 2022 untuk pebalap berusia 10-14 tahun.

MiniGP merupakan platform yang dirintis oleh FIM dan Dorna Sports untuk menyiapkan para pebalap muda menuju MotoGP.

Dengan standarisasi kompetisi di bawah payung yang sama, seri tersebut bertujuan untuk menciptakan platform yang setara bagi para pebalap di seluruh dunia, meningkatkan ketrampilan dan kesempatan untuk "Road to MotoGP".

Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo di Jakarta, Kamis, resmi memperkenalkan rencana bergulirnya MiniGP Indonesian Series 2022 yang akan terdiri sedikitnya dari lima seri balapan di seluruh Indonesia.

"IMI akan menggelar satu 'event' internasional' yang baru yaitu FIM MiniGP Indonesian Series untuk 'Road to MotoGP'," kata Bamsoet.

"Ini merupakan ajang pencarian bibit, talenta baru untuk ke ajang MotoGP."

"Kami harapkan pebalap Indonesia yang berusia 10-14 tahun ini bisa masuk beberapa tahun ke depan ke ajang MotoGP."

Tiga pebalap peringkat teratas di akhir MiniGP Indonesia Series akan mendapat kesempatan bertarung ke final MiniGP World Series yang akan dilangsungkan di Valencia, Spanyol.

Wakil Ketua Umum Internasional dan Event IMI Happy Harinto menjabarkan kejuaraan tersebut nantinya akan menggunakan motor Ohvale GP-0 160 sesuai standar dari FIM.

"Nanti balapannya tidak hanya di Sirkuit Mandalika, tapi di seluruh Indonesia, minimal lima serie, bisa sampai delapan nantinya," kata Happy.

Sport Talenta Indonesia selaku promotor MiniGP Indonesian Series akan melakukan riset dan survei lokasi yang bakal jadi tuan rumah kejuaraan.

Tahun 2021 menjadi musim perdana MiniGP World Series yang mana seri di berbagai belahan dunia dimulai antara Juli hingga paling lambat selesai 17 Oktober.

Balapan digelar di sirkuit karting yang memenuhi standar minimal yang ditentukan oleh FIM dan federasi otomotif nasional.

Menurut laman resmi MotoGP, kejuaraan MiniGP Series sedikitnya harus terdiri dari delapan balapan di dalam kalender, dan minimal diikuti 15 pebalap permanen di setiap kompetisinya.

Para pebalap teratas dari MiniGP Cup tingkat nasional, regional atau kontinental, tergantung usia dan lokasinya, akan mendapat akses langsung ke seleksi Idemitsu Asia Talent Cup atau kesempatan entri ke Honda British Talent CUp, Northern Talent Cup atau European Talent Cup.

Baca juga: MGPA undang Valentino Rossi sapa penggemar dan jajal Sirkuit Mandalika
Baca juga: MGPA tunggu lampu hijau pemerintah hadirkan penonton ke WSBK, MotoGP
Baca juga: Sirkuit Mandalika terbuka untuk gelar Formula 1

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

MGPA: Pengaspalan Sirkuit Mandalika tiga lapisan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar