PON Papua

Tim Rugby Jabar buat formula tim secara khusus untuk PON XX Papua

Tim Rugby Jabar buat formula tim secara khusus untuk PON XX Papua

Manajer Tim Pelatda Rugby Jawa Barat Aceng Roni. (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)

Kita tim Pengprov pada saat itu sepakat membentuk tim yang ideal, kita akhirnya menggandeng Sport Science dari Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK) UPI
Bandung (ANTARA) - Persatuan Rugby Union Indonesia (PRUI) Pengurus Provinsi (Pengprov) Jawa Barat membuat formula tim pemusatan latihan daerah (Pelatda) secara khusus untuk menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.

Manajer Tim Pelatda Rugby Jawa Barat Aceng Roni mengatakan tim putra dan putri telah terbentuk pada Januari 2020 lalu setelah sebelumnya mengelar seleksi. Menurutnya para atlet itu berasal dari yang dikirimkan oleh Pengurus Cabang PRUI di 23 kabupaten dan kota.

"Kita tim Pengprov pada saat itu sepakat membentuk tim yang ideal, kita akhirnya menggandeng Sport Science dari Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK) UPI," kata Aceng di Bandung, Jawa Barat, Kamis.

Menurut Aceng dari 137 atlet yang mengikuti seleksi, terpilih sebanyak 50 besar berdasarkan penilaian tim Sport Science UPI. Lalu mereka kembali diseleksi oleh tim pelatih berdasarkan kecocokan karakteristik tim yang dibutuhkan.

"Pada Januari 2020, kita tetapkan tim itu terpilih 24 orang mulai dari 12 tim putra dan 12 tim putri," katanya.

Sejak saat itu, timnya langsung melakukan pemusatan latihan secara intensif di kampus UPI. Namun pada awal adanya COVID-19, pemusatan latihan itu sempat terhenti pada Mei 2020.

"Tapi kami tim pelatih tetap memberikan materi kepada anak-anak, tentunya diawasi juga oleh tim pelatih," katanya.

Setelah kembali bisa menggelar pelatihan, menurutnya tim terus dibentuk. Sehingga ia merasa grafik pemain sudah terus meningkat dengan konsistensi dan siap menghadapi PON Papua hingga saat ini.

Sebelumnya ia juga telah membawa Tim Pelatda Rugby Jawa Barat ke Bali untuk menggelar pemusatan pelatihan khusus. Menurutnya lokasi Bali dipilih karena kondisi olahraga rugby yang lebih maju dari pada daerah lain.

Pada PON Papua ini, ia tidak memandang ada tim dari daerah lain yang lebih unggul daripada tim lainnya. Menurutnya tujuh tim yang bakal bertanding untuk meraih emas itu semuanya patut diawasi.

"Tentu saja itu jadi tantangan kami untuk meningkatkan determinasi kita, dan pola latihan kita," kata Aceng.

Adapun terdapat tujuh tim pada cabang olahraga (Cabor) Rugby yang akan berkompetisi pada PON Papua. Tujuh tim itu yakni berasal dari Papua, Kalimantan Timur, Bali, Jawa Barat, Yogyakarta, DKI Jakarta, dan Banten.

Cabor yang dimainkan oleh tujuh orang itu pada tahun 2021 ini merupakan kali pertama masuk ke dalam olahraga yang dipertandingkan dalam PON. Sebelumnya pada PON 2016 di Jawa Barat, cabor Rugby masih berstatus ekshibisi.

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kilas NusAntara Malam

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar