Mamuju (ANTARA) - Atlet Catur Provinsi Sulawesi Barat saat ini tengah mematangkan kesiapan untuk berlaga di PON XX Papua yang dijadwalkan berlangsung 2-15 Oktober 2021.

Manajer Tim Catur Sulbar Aco Irdam Tadulangi, dihubungi di Mamuju, Kamis mengatakan, pihaknya telah mematangkan kesiapan atlet catur yang akan berlaga pada PON Papua agar dapat menunjukkan prestasi optimal di ajang multievent tersebut.

"Kita sudah mempersiapkan atlet agar dapat bertanding secara optimal saat PON di Papua," kata Aco Irdam Tadulangi.

Hal terpenting saat ini menurut Aco Irdam Tadulangi adalah mempersiapkan fisik dan mental atlet catur yang akan berlaga pada PON XX di Papua.

Sebab, lanjut dia, olahraga catur menguras otak dan fikiran sehingga dibutuhkan ketenangan dan konsentrasi.

"Saat ini kami fokus menjaga fisik dan mental atlet sebab olahraga catur membutuhkan konsentrasi dan ketenangan yang menguras otak dan fikiran seorang atlet. Ketenangan dan mental atlit harus terjaga sebab itu yang menentukan hasil dalam pertandingan," terang Aco Irdam Tadulangi.

Cabang olahraga catur kata Aco Irdam Tadulangi, merupakan salah satu cabang olahraga unggulan Provinsi Sulbar yang diproyeksikan meraih medali pada PON XX di Papua.

Sehingga ia berharap, KONI Sulbar dapat memberikan dukungan penuh kepada cabor catur agar dapat meraih prestasi maksimal.

"Jangan main-main dalam persiapan ini karena olahraga catur sedikit saja salah atau kurang perhatianke atlet, itu bisa fatal karena bisa merusak mental pemain. Olahraga catur ini tidak boleh ada beban fikiran karena pertarungan di arena menggunakan fikiran," terangnya.

"Sehingga kami berharap, KONI Sulbar dapat memberikan dukungan ke cabor catur ini karena ini salah satu cabor yang diharapkan dapat meraih medali," kata Aco Irdam Tadulangi.

Pada PON XX di Papua, Sulbar akan mengikuti tiga kategori, yakni catur cepat 10 menit, catur standar serta kategori catur klasik.

Ketiga kategori itu akan dikuti pecatur Sulbar Muhammad Johar, peraih medali perak pada PON XIX di Jawa Barat.

Baca juga: Percasi Lampung optimistis raih medali di PON XX Papua
Baca juga: Percasi Sulbar targetkan medali perak pada PON XX Papua
Baca juga: Atlet biliaar dan catur Papua siap sumbang emas di PON XX

Pewarta: Amirullah
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2021