Pemkot Batu targetkan vaksinasi warga rampung akhir 2021

Pemkot Batu targetkan vaksinasi warga rampung akhir 2021

Ilustrasi - Petugas medis mempersiapkan vaksin COVID-19 Sinovac sebelum disuntikkan pada tenaga kesehatan di Klinik Universitas Brawijaya, Jawa Timur, Selasa (2/2/2021). (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto).

Diupayakan akhir tahun ini sudah tercapai. Namun, itu tergantung distribusi vaksin
Kota Batu, Jawa Timur (ANTARA) - Pemerintah Kota Batu menargetkan vaksinasi COVID-19 untuk warga rampung pada akhir 2021, yang diharapkan mampu menciptakan kekebalan kelompok terhadap virus corona.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batu Ony Ardianto di Kota Batu, Jawa Timur, Kamis, mengatakan bahwa penyelesaian vaksinasi COVID-19 untuk warga tersebut akan berjalan sesuai target, juga terkait erat dengan ketersediaan vaksin.

"Diupayakan (pelaksanaan vaksinasi) akhir tahun ini sudah tercapai. Namun, itu tergantung distribusi vaksin," kata Ony yang juga Juru Bicara Satgas COVID-19 Kota Batu itu.

Baca juga: Pemkot Batu perkuat pelaksanaan 3T untuk penanganan COVID-19

Ony menjelaskan hingga 31 Agustus 2021, total jumlah vaksin yang tersedia di Kota Batu tercatat sebanyak 2.125 vial vaksin, dengan barbagai jenis. Rinciannya, sebanyak 685 vial vaksin jenis Sinovac dan 112 vial vaksin AstraZeneca.

Kemudian, lanjut Ony, sebanyak 409 vial vaksin Moderna yang dipergunakan untuk dosis ketiga atau booster bagi para tenaga kesehatan di wilayah Kota Batu, dan 919 vaksin jenis Sinopharm.

Ony menambahkan dengan jumlah total sebanyak 2.125 vial vaksin yang dimiliki Pemerintah Kota Batu tersebut, maka kebutuhan dosis vaksin COVID-19 masih mencukupi, termasuk untuk pemenuhan dosis kedua vaksinasi.

Baca juga: Kapasitas tempat tidur RS rujukan COVID-19 di Kota Batu-Jatim dtambah

"Stok vaksin masih mencukupi untuk saat ini. Terutama, untuk pemenuhan dosis kedua," katanya.

Sebagai informasi, di wilayah Kota Batu, hingga saat ini total pemakaian vaksin COVID-19 di wilayah tersebut mencapai 58.524 dosis. Secara keseluruhan, jumlah warga di wilayah Kota Batu mencapai 222.578 orang.

Baca juga: Kapolda : Dua juta dosis vaksin telah masuk Jatim

Dari total jumlah warga di Kota Batu tersebut, tercatat 35,48 persen telah mendapatkan suntikan vaksin dosis pertama, dan 22,33 persen yang telah mendapatkan suntikan vaksin COVID-19 dosis kedua.

Hingga saat ini, secara keseluruhan di wilayah tersebut, ada sebanyak 2.982 kasus konfirmasi positif COVID-19. Dari total tersebut, sebanyak 2.602 orang dilaporkan telah sembuh, 253 orang dinyatakan meninggal dunia, dan sisanya berada dalam perawatan.

Baca juga: Gubernur Jatim ingatkan patuh prokes meski zona kuning COVID-19

 

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Omicron terdeteksi, NTB klaim situasi COVID-19 masih terkendali

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar