Pemprov Sulsel rencanakan pengadaan kapal RS terapung 2022

Pemprov Sulsel rencanakan pengadaan kapal RS terapung 2022

Pelaksana Tugas Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman memberikan keterangan kepada wartawan di Makassar, Kamis,(2/9/2021).ANTARA/Abd Kadir

Tetap direncanakan tahun depan
Makassar (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan bersama PT Industri Kapal Indonesia (IKI) merencanakan pengadaan kapal modifikasi untuk layanan rumah sakit terapung pada 2022.

Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, mengatakan hal yang paling penting dilakukan lebih dulu yakni terkait mekanisme operasionalnya.

"Tetap direncanakan tahun depan (bersama PT IKI). Kita butuh kemarin itu, perencanaan operasional dulu baru kemudian pembangunannya," kata Andi Sudirman usai mengikuti kegiatan vaksinasi bersama IOF Sulsel di Monumen Mandala, Makassar, Kamis.

Ia menjelaskan, soal membangun kapal terapung lebih mudah dilakukan. Adapun yang sulit bagaimana cara pengoperasiannya agar bisa memberikan hasil maksimal dan bisa dirasakan langsung masyarakat khususnya yang bermukim di wilayah kepulauan.

Andi Sudirman mengakui pengadaan kapal RS itu sangat penting mengingat sebagian warga Sulsel berada di pulau-pulau kecil yang tersebar di 200 pulau berpenghuni.

Kapal RS terapung tersebut, lanjut dia, utamanya dapat digunakan untuk membantu persalinan dan penanganan sakit yang bersifat darurat atau emergensi.

Dia mengatakan, layanan kapal RS itu juga n akan disiapkan tenaga dokter spesialis, untuk membantu proses persalinan yang tidak normal bisa hanya sekitar 30 menit.

Baca juga: PT PAL ajukan proposal garap pembuatan RS Terapung NTT

Baca juga: Alumni FK Unair luncurkan RS Terapung

Baca juga: RS terapung layani masyarakat Surabaya


 

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar