Mamuju (ANTARA) - Dua nelayan pencari cumi-cumi di Kabupaten Majene Provinsi Sulawesi Barat yang dilaporkan hilang selama lima hari, ditemukan selamat.

Kepala Kantor SAR Mamuju Saidar Rahmanjaya, Kamis, mengatakan kedua nelayan pencari cumi-cumi, yakni Mahzar Dhat Has (47) dan Usman (35) yang dilaporkan hilang selama lima hari, ditemukan seorang nelayan di perairan Pamboang Kabupaten Majene, pada Rabu (1/9).

"Korban ditemukan oleh nelayan yang sedang melaut kemarin (Rabu). Namun, karena proses evakuasi dan terkendalanya jaringan sehingga informasi penemuan korban ke pihak keluarga terlambat diterima sehingga informasi itu baru kami terima hari ini," kata Saidar Rahmanjaya.

Dengan ditemukannya kedua nelayan pencari cumi-cumi itu, operasi pencarian yang sempat dilakukan selama lima hari, dihentikan.

Baca juga: Dua nelayan hilang usai perahu pecah dihempas ombak Pantai Tulungagung

Baca juga: Basarnas Jambi cari nelayan hilang di perairan Pulau Berhala


"Pencarian kami hentikan hari ini, karena keduanya telah berhasil ditemukan. Proses pencarian kami sempat lakukan selama lima hari bersama tim SAR gabungan," kata Saidar Rahmanjaya.

Kedua nelayan pencari cumi itu dilaporkan hilang saat pergi melaut pada Jumat (27/8) sekitar pukul 18.30 WITA, namun hingga keesokan harinya, yakni pada Sabtu (28/8) mereka belum juga kembali sehingga pihak keluarga melaporkannya ke Kantor SAR Mamuju.

"Setelah sempat mendapat laporan hilangnya kedua nelayan itu, kami bersama tim SAR gabungan dari Tim Rescue Kantor SAR Mamuju, Polres Majene, BPBD, PMI Majene, Posmat TNI AL Polman, SAR Unhas, SAR UNM, SAR Malaqbi, Mapala Unsulbar serta masyarakat setempat langsung melakukan pencarian," tuturnya.

Setelah lima hari melakukan pencarian, keduanya ditemukan dalam keadaan selamat sehingga proses pencarian otomatis dihentikan.*

Baca juga: Basarnas Mamuju cari dua nelayan yang hilang di Majene

Baca juga: Tim SAR cari nelayan hilang di perairan Pulau Kelang

Pewarta: Amirullah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021