Formula 1

Rencanakan pensiun, Raikkonen tak menyesal tinggalkan Formula 1

Rencanakan pensiun, Raikkonen tak menyesal tinggalkan Formula 1

Pebalap tim Alfa Romeo Kimi Raikkonen menjalani sesi jumpa pers jelang Grand Prix Belanda, Sirkuit Zandvoort. ANTARA/Pool via REUTERS/Kenzo Tribouillard.

Jakarta (ANTARA) - Kimi Raikkonen pada Kamis mengatakan Formula 1 bukanlah hal terpenting dalam hidupnya dan dia akan meninggalkan olahraga balap tersebut tanpa penyesalan dan tanpa keluhan meski belum ada rencana masa depan yang jelas.

"Saya bersenang-senang dan saya melakukan apa yang saya mau," kata pebalap berusia 41 tahun asal Finlandia itu seperti dikutip Reuters jelang Grand Prix Belanda di Zandvoort.

"Saya tidak akan mengubah apapun bahkan kalau saya bisa," kata dia.

Raikkonen pada hari sebelumnya mengumumkan dia bakal pensiun di akhir musim sebelum menjalani start ke-342 dalam kariernya, Minggu nanti.

Ia menjalani debut dengan tim Sauber pada 2001, dan mengakhiri kariernya bersama tim asal Swiss itu yang kini berganti nama menjadi Alfa Romeo.

Baca juga: Ini kata Raikkonen soal mobil F1 baru Alfa Romeo

Capaian tertinggi Raikkonen diraih pada 2007 ketika ia memenangi titel kejuaraan bersama Ferrari, sekaligus bertahan sebagai gelar juara dunia terakhir yang dipegang oleh tim asal Italia itu hingga kini.

Pebalap berjuluk Iceman itu mengatakan ia membuat keputusan tersebut pada musim dingin dan ingin menghabiskan waktu lebih banyak di rumah dengan keluarganya.

"Saya bisa bilang F1 tidak pernah menjadi kehidupan saya. Dia menyita banyak waktu dari kehidupan saya tapi dia tidak pernah menjadi hal utama dalam hidup saya. Saya selalu menjalani hidup di luar, saya melakukan hal-hal normal," kata Raikkonen.

Baca juga: Tak berambisi, Raikkonen anggap Formula 1 kini lebih sekedar hobi
Baca juga: Balapan di balik kacamata "Si Manusia Es" Kimi Raikkonen

Selanjutnya tanpa jadwal balapan

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar