Jakarta (ANTARA) - Konami Digital Entertainment Limited mengungkapkan eFootball 2022, judul resmi dari konten platform musim pertama, akan diluncurkan di seluruh dunia untuk PlayStation 5, PlayStation 4, Xbox Series X|S, Xbox One, Windows 10 dan PC Steam pada 30 September.

Peluncuran itu bertujuan untuk memberikan gambaran kepada para pengguna tentang permainan simulasi sepak bola tersebut sebelum pembaruan besar pertama, yang juga akan dirilis gratis, meluncur. Pembaruan tersebut juga akan menjadi tanda peluncuran eFootball 2022 untuk perangkat iOS dan Android.

Produser seri eFootball Konami Digital Entertainment Seitaro Kimura menjelaskan eFootball menjadi nama platform keseluruhan, dan eFootball 2022 menjadi nama resmi untuk konten musim pertama.

"Pembaruan platform yang menghadirkan fungsionalitas baru, seperti pertandingan lintas platform dan dukungan pengontrol akan sering terjadi selama beberapa bulan mendatang dan tidak ada biaya yang ditagihkan untuk hal tersebut," ujar Kimura dalam keterangan tertulis, Jumat.

"Pembaruan konten dan mode permainan di masa mendatang akan ditawarkan kepada pemain sebagai opsi gratis atau premium. Kami berharap untuk mendapatkan pemain di lapangan dan menerima umpan balik mereka," tambahnya. 

Baca juga: Gantikan PES, Konami resmi umumkan eFootball 

Mulai 30 September nanti, pemain dapat merasakan eFootball World, yang merupakan inti dari eFootball, untuk menikmati pertandingan dengan tim sesungguhnya, tanpa biaya dan tanpa transaksi mikro.

Konten tersebut meliputi pertandingan offline, yakni bermain melawan AI atau teman offline dengan sembilan klub yang sepenuhnya otentik untuk dipilih.

Klub sepak bola tersebut, antara lain FC Barcelona, FC Bayern München, Juventus, Manchester United, Arsenal FC, SC Corinthians Paulista, CR Flamengo, CA River Plate dan São Paulo FC. 
 
eFootball World memungkinkan pemain menikmati pertandingan dengan tim sesungguhnya, dengan sembilan klub untuk dipilih. ANTARA/HO-Konami



Selain klub, pemain juga dapat memilih enam stadion, yakni Camp Nou, Old Trafford, Stadion Allianz, Stadion Emirates, Allianz Arena dan Stadion eFootball.

Pemain juga dapat merasakan bermain di lintas perangkat (PlayStation 5 vs. PlayStation 4, Xbox Series X|S vs. Xbox One) dengan acara daring mingguan menggunakan tim yang telah ditentukan sebelumnya.

Sementara itu, untuk pembaruan konten utama eFootball 2022, tanggal pasti akan diumumkan pada musim gugur. Beberapa fitur inti akan ditambahkan ke eFootball World, termasuk Creative Teams, sebagai pembaruan gratis.

Pembaruan ini juga akan memperkenalkan model monetisasi platform yang baru, yang diseimbangkan kembali untuk memastikan seluruh pemain dapat mencapai potensi yang sama, terlepas dari cara mereka memperoleh item dalam gim.

Konten baru itu meliputi tim kreatif, termasuk di dalamnya menggunakan perlengkapan asli klub, mode pertandingan baru, tipe pemain baru, pass dan tujuan pertandingan. 

Platform eFootball yang didesain ulang oleh Unreal Engine itu memungkinkan gim tersebut menyatukan pengalaman di seluruh konsol, PC dan ponsel pada perangkat iOS dan Android. 

Baca juga: Mobile Legends, Free Fire, eFootball masuk esport di PON XX Papua 

Untuk pengguna eFootball PES 2021 di ponsel, saat ini eFootball 2022 akan menyediakan pembaruan untuk aplikasi yang sudah ada. Namun, pembaruan tersebut sepenuhnya merombak pengaturan yang sebelumnya dengan mesin dan fitur baru.

Meski hadir dengan perubahan yang signifikan, tim pengembang telah membuat sistem yang memungkinkan ponsel saat ini dapat membawa banyak item dalam gim setelah eFootball 2022 dirilis pada musim gugur.

Seiring waktu, seperti halnya konsol dan PC, platform eFootball di ponsel juga akan menerima pembaruan rutin untuk fungsionalitas.

Dalam pembaruan gratis berikutnya, akan ada penambahan fitur dukungan pengontrol ponsel dan kemampuan untuk memilih pertandingan lintas platform antara semua pemain berbasis pengontrol.

Contoh kecil dari fitur dan konten yang direncanakan untuk ditambahkan ke platform tersebut di kemudian hari adalah mode edit yang memungkinkan pemain memiliki kemampuan sepenuhnya untuk menyesuaikan tim dan kit yang akan ditambahkan ke perangkat yang didukung tanpa biaya. Penjelasan selengkapnya akan segera diluncurkan. 

Baca juga: Intel® akan gelar Gamer Days 2021 pada September 
 

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021