Pelonggaran pembatasan aktivitas masyarakat ini untuk menjaga pergerakan roda perekonomian di tengah masyarakat.
Bekasi (ANTARA) - Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo mengingatkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi akan menjadi kebiasaan baru sehingga masyarakat perlu segera melakukan vaksinasi agar fleksibel dalam beraktivitas dan terlindungi kesehatannya di tengah pandemi COVID-19.

"Ini tentunya akan menjadi kebiasaan kita ke depan untuk masyarakat boleh melaksanakan aktivitas paling tidak sudah divaksin," kata Sigit saat meninjau kegiatan vaksinasi massal oleh Alumni Akademi Polisi (Akpol) 1995 di Kota Bekasi, Jawa Barat, Jumat.

Sigit menjelaskan bahwa Pemerintah mengevaluasi kasus COVID-19 harian secara rutin setiap pekan, kemudian melakukan asesmen untuk memberikan pelonggaran PPKM di wilayah yang angka kasusnya menurun.

Pelonggaran pembatasan aktivitas masyarakat ini, kata Sigit, untuk menjaga pergerakan roda perekonomian di tengah masyarakat.

Namun, Kapolri mengingatkan bahwa pelonggaran ini harus dikawal dengan penerapan protokol kesehatan agar angka kasus positif COVID-19 tidak lagi meningkat.

Selain protokol kesehatan, kata Sigit, upaya untuk membatasi aktivitas masyarakat, terutama di tempat-tempat ekonomi, dan memastikan masyarakat telah terlindungi dengan vaksinasi adalah melalui aplikasi PeduliLindungi.

"Kemudian di wilayah yang akan diberikan pelonggaran terkait dengan aktivitas ekonomi akan dipasang aplikasi PeduliLindungi sehingga masyarakat yang telah memiliki aplikasi tersebut bisa ditempelkan di bacode yang tersedia, kemudian akan muncul di situ apakah sudah divaksin atau belum," ujar Sigit.

Masyarakat yang telah divaksin akan mendapatkan barcode yang bisa digunakan saat mengakses tempat perbelanjaan, toko-toko, dan pasar melalui aplikasi PeduliLindungi.

Masyarakat yang sudah divaksin, dapat tunjukkan barcode saat masuk ke toko, supermarket, maupun masuk ke tempat-tempat yang dipasang aplikasi PeduliLindungi.

Setelah ditempelkan, kata dia, akan muncul pemberitahuan masyarakat sudah divaksin, sementara yang belum divaksin tentunya akan diminta kembali atau tidak dibolehkan masuk.

"Ini menjadi salah satu kegiatan ke depan yang harus selalu melekat kepada masyarakat guna menjaga laju pertumbuhan COVID-19. Di satu sisi untuk pertumbuhan ekonomi dengan pelonggaran masyarakat aktivitasnya bisa berjalan," kata Sigit.

Oleh karena itu, mantan Kapolda Banten ini mengajak masyarakat untuk berbondong-bondong ke gerai vaksin yang diselenggarakan oleh TNI/Polri.

"Dengan vaksinasi, masyarakat meningkat imunitasnya, kemudian aktivitasnya lebih meningkat," kata Sigit.

Baca juga: Kebocoran data pribadi gegara server aplikasi lama tak di-"takedown"

Baca juga: Platform tunggal PeduliLindungi memiliki sistem keamanan super

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2021