Jakarta (ANTARA) - Pasangan Leani Ratri Oktila/Khalimatus Sadiyah lolos ke babak empat besar parabadminton ganda putri SL3-SU5 Paralimpiade Tokyo 2020 sebagai juara Grup A dengan 50 poin pertandingan, Jumat.

Pada pertandingan kedua penyisihan Grup A, Leani/Khalimatus menggandakan poin mereka setelah mengalahkan ganda putri tuan rumah Noriko Ito/Ayako Suzuki dengan skor 21-4, 21-8 di Yoyogi National Stadium.

Dalam laga yang berlangsung 16 menit itu, unggulan teratas asal Indonesia dengan leluasa mencetak angka tanpa perlawanan berarti dari Ito/Suzuki.

Baca juga: Indonesia loloskan dua wakilnya ke semifinal tunggal putra SU5

Kendala baru dirasakan Leani/Khalimatus di gim kedua, karena Ito/Suzuki mengubah strategi menjadi menyerang dan lebih sering melakukan smes.

Hasilnya, ganda putri peringkat tiga dunia itu mampu menggandakan perolehan skor dua kali lipat dari gim pertama. Ketatnya serangan Ito/Suzuki juga membuat Leani/Khalimatus kesulitan dalam mengembalikan serangan.

Bukannya sukses memberi serangan balik, pukulan Leani/Khalimatus justru mengenai net atau keluar lapangan sehingga menguntungkan lawan.

Meski kalah, namun Ito/Suzuki berhak melaju ke semifinal sebagai runner-up Grup A, demikian data resmi Paralimpiade Tokyo 2020 menyebutkan.

Dari Grup B, pasangan peringkat dua Cheng He Fang/Ma Hui Hui dari China lolos sebagai juara grup, diikuti Lenaig Morin/Faustine Noel sebagai runner-up.

Baca juga: Indonesia kehilangan peluang medali di tunggal putra SL3

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021