Palu (ANTARA) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) menerjunkan 61 atlet didampingi pelatih dan ofisial untuk berlaga pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang akan berlangsung pada 20 Oktober 2021 mendatang.

"Mereka akan bertanding pada 13 cabang olahraga. Para atlet berasal dari sejumlah daerah di Provinsi Sulteng," kata Ketua Harian KONI Sulteng Edison Ardiles di Kota Palu, Jumat.

Ia menerangkan saat ini para atlet mengikuti karantina dan pemusatan latihan di salah satu hotel di Palu agar mereka dapat tampil maksimal dan merebut medali saat bertanding nanti.

Baca juga: Atlet sepak takraw Sulteng diharapkan perbaiki hasil di PON

Edison menegaskan pemilihan 61 atlet tersebut sudah melalui seleksi yang sangat ketat sehingga atlet yang mengikuti PON XX Papua nanti merupakan putra dan putri daerah terbaik di Provinsi Sulteng.

"Mereka juga sudah mengikuti pra PON sehingga dari situ kami menilai sekaligus menyeleksi siapa yang berhak lolos dan mengikuti PON XX Papua atau tidak. Selain itu kami juga melihat rekam jejak para atlet sebelum memutuskan memilih mereka," ucapnya.

Ia menyebut sejumlah atlet Sulteng yang berlaga pada PON XX Papua mendatang juga pernah tampil pada Asian Games tahun 2018 dan SEA Games tahun 2019.

Baca juga: Ketua positif COVID-19, KONI Sulteng tunda workshop pelatih hadapi PON

Tidak sedikit dari para atlet yang sudah mencicipi manisnya gelar juara dan meraih medali baik di level lokal, nasional maupun internasional.

"Sehingga kami yakin dapat meraih medali pada PON XX Papua," ucapnya.

Pemerintah Provinsi Sulteng dan daerah, kata Edison telah menyiapkan berbagai hadiah dan bonus bagi atlet yang berhasil meraih medali.

Baca juga: Sulteng optimistis raih medali panjat tebing di PON Papua

Pewarta: Muhammad Arshandi
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021