Jakarta (ANTARA) - Sempat beberapa kali ganti personel, grup band Base Jam akui hal tersebut merupakan sesuatu yang natural dalam sebuah band.

Grup band yang sudah terbentuk sejak 1994 itu diketahui sempat beberapa kali mengalami pergantian formasi. Menurut Oni yang merupakan gitaris Base Jam, pergantian personel merupakan sesuatu yang natural di dalam sebuah band.

Baca juga: Base Jam rilis "single" "Salah Suka"

"Itu sesuatu yang natural saja sih menurut kita. Jadi nggak terlalu yang dibayangkan mungkin kayak di film-film berantem lempar-lemparan botol atau segala macem. Nggak seperti itu," kata Oni dalam diskusi daring, Jumat.

"Enggak terlalu banyak drama lha sebenarnya. Tapi emang dulu juga sempat Coki yang sekarang di Netral juga masuk baik-baik keluar baik-baik, ya sudah. Enggak ada sesuatu yang aneh gitu di situ," lanjutnya.

Sita yang merupakan bassist Base Jam juga menambahkan bahwa baginya, Base Jam merupakan "rumah" baginya. Setiap personel bebas untuk pergi dari band dan kembali lagi ke Base Jam tanpa paksaan.

"Dan mungkin Base Jam ini ngelihatnya Base Jam itu rumah ya. Jadi maksudnya bisa pergi mungkin berkelana dulu menggali ilmu, balik lagi pulang. Ronaldo aja balik lagi, semuanya bisa balik lagi. Kenapa enggak?" kata Sita menambahkan.

Selaku vokalis, Alvin berharap bahwa formasi ini dapat menjadi formasi final dan solid dari Base Jam. Namun, dia juga tidak menampik bahwa adanya kemungkinan untuk berganti formasi lagi seusai situasi dan kondisi.

"Ya final dan solid untuk sekarang ini. Karena di setiap formasi Base Jam kita selalu penginnya solid dan final. Tapi ternyata ya ada saja situasi dan kondisi gitu," ujar Alvin.


Baca juga: Adnil eks gitaris Base Jam siapkan album solo perdana

Baca juga: Sejumlah Ormas bubarkan Konser Base Jam di Aceh Culinary Festival

Baca juga: Tetap bersyukur dan bahagia, makna lagu baru Base Jam "Manisnya Hidup"


Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021