Jakarta (ANTARA) - Skuad Merah Putih mengamankan satu tiket semifinal parabadminton tunggal putra SL4 Parabadminton Tokyo 2020 yang diraih Fredy Setiawan setelah lolos dari fase penyisihan Grup B, Jumat.

Menjadi juara Grup B, Fredy menggasak tiga kemenangan dari fase penyisihan, termasuk kemenangan ganda di hari Jumat dengan mengalahkan Siripong Teamarrom (Thailand) dan Tarun (India) di sesi sore.

Tarun yang dikhawatirkan menjadi batu sandungan bagi Fredy, ternyata justru tak berdaya dan kalah dengan dua gim langsung 21-19, 21-9 setelah berlaga 28 menit di Yoyogi National Stadium, Tokyo.

Baca juga: Indonesia loloskan dua wakilnya ke semifinal tunggal putra SU5

Hasil positif ini juga memperbaiki catatan pertemuan Fredy menjadi 6-3 atas Tarun. Dalam tiga pertemuan terakhir, atlet peringkat tiga dunia asal Solo ini menelan kekalahan beruntun dari Tarun, termasuk di babak final tunggal putra Asian Paragames 2018.

Meski kalah, pebulu tangkis peringkat dua itu akan menemani Fredy ke babak semifinal sebagai runner-up Grup B.

Pada Grup A, Hary Susanto yang menjadi wakil Indonesia justru terhenti di fase penyisihan. Atlet senior peraih medali emas Asian Paragames 2018 ini sama sekali tak mengantongi satu kemenangan dari tiga pertandingan yang digelar.

Baca juga: Leani/Khalimatus lolos ke semifinal ganda putri SL3-SU5
Baca juga: Indonesia kehilangan peluang medali di tunggal putra SL3

Hary menderita dua kekalahan sekaligus di hari Jumat, dikalahkan Suhas Lalinakere Yathiraj (India) pada sesi pagi dan Jan-Niklas Pott (Jerman) pada sesi sore.

Dari Grup A, muncul Lucas Mazur (Prancis) sebagai juara grup dan Yathiraj sebagai runner-up, demikian dilansir Paralimpiade Tokyo lewat laman resminya.

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021