Mendes PDTT harap kerja sama BUMDes-BUMN tidak ada pihak ketiga

Mendes PDTT harap kerja sama BUMDes-BUMN tidak ada pihak ketiga

Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar (kedua kanan) dalam kunjungan kerja ke Desa Padangasri Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur pada Jumat (3/9/2021). ANTARA/HO-Kemendes PDTT

Jakarta (ANTARA) - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar mengharapkan kerja sama antara BUMDes dengan BUMN tidak ada campur tangan pihak ketiga.

"Kita tidak ingin ada tangan-tangan lain. Sudah saya sampaikan ke pak Erick (Menteri BUMN). Kita tidak ingin ada vendor," ujar Mendes PDTT dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Ia menyampaikan Pertashop merupakan salah satu usaha BUMDes hasil kerja sama dengan PT Pertamina yang diharapkan dapat mempercepat pemulihan ekonomi nasional di level desa.

Baca juga: Erick Thohir minta tim khusus percepatan kemitraan Pertashop - BUMDes
Baca juga: Erick Thohir: Kerja sama BUMN dan BUMDes perlu dioptimalkan


Halim Iskandar berharap BUMDes berperan memberikan kesejahteraan dan konsolidator untuk meningkatkan usaha masyarakat desa.

"BUMDes jangan sampai mematikan usaha-usaha yang telah dilakukan oleh masyarakat di desa," kata pria yang akrab disapa Gus Halim ini.

Selain itu, Gus Halim juga menjelaskan bahwa pertanian adalah sektor paling aman selama masa pandemi COVID-19. Hal ini menunjukkan bahwa pemulihan ekonomi nasional yang paling cepat ada di level desa.

"Pertanian kan pasti di desa makanya kita berupaya ada pemulihan ekonomi nasional level desa yang juga diikhtiari lebih maksimal lagi pada level desa," kata Gus Halim.

Baca juga: Kemendes PDTT dorong pelaku usaha desa manfaatkan Gernas BBI
Baca juga: Wamen Desa PDTT ajak BUMDes mendaftar jadi badan hukum
Baca juga: 2.465 BUMDes sudah mendaftar di Kemendes PDTT




 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Wabup Pandeglang harap bantuan Kemenhub jadikan bumdes mandiri

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar