Polisi gandeng PT SAM cegah Karhutla

Polisi gandeng PT SAM cegah Karhutla

Sinegitas jajaran kepolisian dan stakeholder terkait dalam pencegahan karhutla di daerah HSS (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Hulu Sungai Selatan (ANTARA) - Polsek Daha Utara, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan, bekerja sama dengan PT Subur Agro Makmur (SAM) melakukan upaya pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) melalui layanan imbauan pesan singkat atau SMS.

Kapolsek Daha Utara Ipda Adhi N Saputra, di Nagara, Jum'at, mengatakan, penyebaran lima ribu SMS hasil kerja sama dengan Dinas Kominfo setempat dan salah satu provider dengan radius sebar di sekitar penduduk warga Daha Utara.

"Kami bersama stakeholder, yakni salah satu perusahaan bidang perkebunan kelapa sawit PT SAM berupaya mencegah terjadinya Karhutla," ujarnya.

Dia mengemukakan, PT SAM yang merupakan anak usaha group Astra, memiliki lahan sekitar 12 ribu hektare dari Kecamatan Daha Utara, Selatan, dan Barat.

Penyebaran SMS selesai dilaksanakan pukul 10.30 Wita, berisikan imbauan Karhutla Polres Hulu Sungai Selatan, dengan harapan titik api atau hot spot dari perbuatan orang yang tidak bertanggung jawab bisa dihindari.

Bagi warga yang bertani supaya berhati-hati serta tidak sembarangan membakar hutan maupun lahan, karena dampak dari Karhutla, mengancam kesehatan, gangguan pernafasan, sakit mata, asma, bronkitis, serta lainnya.

Pelaku Karhutla juga dapat dikenakan Pasal 78 Ayat 3 Undang-undang 41 tahun 1999, pembakaran hutan dengan sengaja maka dikenakan pidana paling lama 15 tahun dan denda paling banyak Rp5 miliar.

"Jika melihat karhutla silahkan menginformasikan ke posko satgas karhutla desa, kecamatan atau bhabinkamtibmas, dan tim Fire Protection PT SAM agar segera dipadamkan," katanya.

Community Development Officer (CDO) PT SAM, Budhi Wahyudi, mengatakan, saat ini sedang menghadapi dua agenda yang disebutnya perang besar, menjadi atensi skala prioritas nasional, karhutla dan penanganan Sars COVID-19.

Menurut dia, untuk menciptakan situasi yang kondusif, membantu mempercepat tangani karhutla dan COVID-19, maka PT SAM selalu aktif melakukan koordinasi dan tindakan bersama semua elemen masyarakat dan pemerintah daerah.

Sementara itu, Kapolres Hulu Sungai Selatan, AKBP Sugeng Priyanto, mengucapkan terimakasih kepada pihak terkait yang telah mendukung pemerintah mengantisipasi Karhutla.

"Terima kasih kepada PT SAM, semoga ini mendapat respon positif dari warga kita," katanya.

Pencegahan Karhutla dan COVID-19 sendiri merupakan sasaran utama dirinya semenjak mendapatkan amanah menjabat sebagai Kapolres HSS dari awal Agustus 2021. ***3***

Pewarta: Imam Hanafi/faturrahman
Editor: Tunggul Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar