Kapolda NTB rancang pembentukan Polres Khusus KEK Mandalika

Kapolda NTB rancang pembentukan Polres Khusus KEK Mandalika

Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal. (ANTARA/Dhimas B.P.)

Mataram (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat Irjen Pol Mohammad Iqbal merancang pembentukan Polres Khusus KEK Mandalika, Kuta, Kabupaten Lombok Tengah.

"Nantinya (Polres Khusus KEK Mandalika) akan menjalankan kewenangan yang lebih spesifik, khusus dalam pemeliharaan keamanan. Tidak dibebani proses lidik dan sidik, agar tetap konsen," kata Iqbal di Mataram, Jumat.

Rencana pembentukan polres khusus yang setara dengan tugas pokok kepolisian resor skala kabupaten/kota tersebut merupakan bagian dari strategi jangka panjang pengamanan KEK Mandalika

"Jadi ini adalah 'grand strategy'," ujarnya.

Baca juga: Kapolda NTB: Penuntasan lahan Sirkuit Mandalika terus berjalan

Dalam menjalankan tugas pemeliharaan keamanan, jelasnya, Polres Khusus KEK Mandalika tentunya akan memantau potensi gangguan keamanan yang mungkin terjadi.

"Nantinya apabila ada kejadian, tindakan pertama oleh polres kawasan itu, kemudian untuk langkah selanjutnya diserahkan ke (Polres) Lombok Tengah," ucap dia.

Untuk mendukung rancangan tersebut, Kapolda NTB akan lebih dahulu melakukan pembenahan tipologi Polres Lombok Tengah yang naik satu tingkat setara polres kota di bawah perwira dengan pangkat komisaris besar polisi.

Demikian juga dengan Polsek Kuta yang statusnya sekelas polsek kategori urban dengan pimpinan seorang perwira berpangkat komisaris polisi (kompol).

Dampak dari peningkatan tipologi tersebut, juga tentu akan dipersiapkan. Baik dalam penambahan sarana dan prasarana serta jumlah personel.

"Semua ini untuk menjamin keamanan dan kenyamanan baik masyarakat di sana, pelaku wisata, dan juga wisatawan," katanya.

Lebih lanjut, Iqbal mengungkapkan rancangan ini sudah masuk dalam tahap pematangan. Karenanya, dalam sepekan kedepan, akan tersusun sebuah rencana induk pengamanan KEK Mandalika.

"Kasarnya sudah jadi, tinggal kita haluskan lagi. Jadi kami optimis Mabes Polri akan merestui, karena ini untuk kepentingan masyarakat," ujar Iqbal.

Baca juga: Enam Polwan dapat penghargaan dari Kapolda NTB
Baca juga: Kabarhakam: persiapan World Super Bike Mandalika sudah bagus

Pewarta: Dhimas Budi Pratama
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar