Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid bersama pengurus PWNU DKI Jakarta membagikan bantuan untuk ratusan korban kebakaran di RT 14, RW 05, Kelurahan Kebon Kosong, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat.

Bantuan yang diberikan berupa uang tunai masing-masing senilai Rp1 juta dan sejumlah bahan kebutuhan pokok.

Gus Jazil--sapaan akrab Jazilul Fawai--mengatakan, ratusan korban kebakaran di Kelurahan Kebon Kosong kondisinya sangat memprihatinkan.

Bahkan, sejak terbakar pada Minggu (29/8/2021), hingga kini puing-puing kebakaran belum juga dibersihkan. Sementara para korban kebakaran masih tinggal di tempat pengungsian di SDN 09 Kebon Kosong.

Ada sebanyak 60 pintu rumah yang terbakar, terdiri atas 55 kepala keluarga dan 250 jiwa. Sementara mereka yang masih berstatus anak sekolah ada 25 pelajar SD, 9 SMP, 12 SMA, 17 balita dan 10 lansia.

”Pemerintahan di sini yang jaraknya dekat sekali, Kementerian Sosial, ada Pak Gubernur, saya berharap (penanganannya) jangan berlama-lama," katanya.

Baca juga: Seragam terbakar, sejumlah siswa di Kebon Kosong gagal sekolah
Baca juga: Api lalap rumah, ratusan warga Kebon Kosong mengungsi di SD


"Segera turun dan dipastikan masa depan bapak ibu yang ada di sini, rumahnya dimana nanti, anak-anak mereka butuh pendidikan,” ujar Gus Jazil yang juga Wakil Ketua PWNU DKI saat menyerahkan bantuan dari PWNU DKI.

Gus Jazil mengatakan, Nahdlatul Ulama (NU) akan selalu berdiri di samping warga yang mengalami kesulitan dimanapun berada. ”Nahdlatul Ulama akan selalu bersama-sama orang yang sedang kesulitan,” katanya.

Menurut dia, para korban kebakaran ini tidak sekedar memerlukan bantuan kebutuhan sehari-hari saja, namun masa depan mereka, termasuk tempat tinggal yang juga harus ditata dan dikoordinasikan. Begitu pula kesehatan dan pendidikan anak-anak mereka.

”Datanglah ke sini Bu Menteri Sosial, coba dilihat di sini Bu Menteri Lingkungan Hidup. Coba lihat lingkungan yang ada di Kebon Kosong ini," katanya.

"Menteri Pertanahan, kalau status tanahnya tidak jelas, coba dilihat tanahnya seperti apa?Kita semua warga negara yang tunduk dan taat kepada negara,” ujar Gus Jazil.

Ketua PCNU Jakarta Pusat Gus Syaifuddin mengatakan, kehadiran Gus Jazil sangat berarti sebagai bentuk dukungan moral bagi para korban kebakaran. 

Gus Syaifuddin juga mengajak semua kalangan untuk bersama-sama meringankan beban para korban kebakaran.

Koordinator penanggung jawab posko pengungsi kebakaran Yulianto mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan PWNU DKI Jakarta.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021