Jakarta (ANTARA) - PT. Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics sebagai BUMN klaster pangan menambahkan fitur baru dalam aplikasi Warung Pangan (WP) untuk membantu pemasok bahan pangan dalam rangka mendukung program ketahanan pangan nasional.

“WP Supplier ini merupakan fitur Warung Pangan berbasis web-based. Bagi perorangan atau pengusaha yang ingin bergabung menjadi pemasok bahan pangan bisa langsung mengakses di website resmi Warung Pangan di www.warungpangan.com,” ujar Direktur Utama BGR Logistics, M Kuncoro Wibowo dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Menurut Kuncoro, keistimewaan dari aplikasi Warung Pangan ini adalah produk pangan yang di pasok dari daerah pemasok akan di jual di daerah asalnya, sehingga memotong biaya logistik yang selalu menjadi kendala selama ini.

“Saat ini Warung Pangan sudah hadir di 7 kota besar yaitu Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya dan Pangkal Pinang. Sampai saat ini sudah ada lebih dari 44.000 mitra warung yang terdaftar dan Aplikasi WP ini sudah terkoneksi dengan Bank Himbara, Dana dan Link Aja serta sudah terintegrasi dengan pengusaha kecil dan menengan serta Koperasi dalam pasokan produk pangannya,” katanya.

WP Supplier merupakan salah satu fitur baru pada aplikasi Warung Pangan untuk para pemasok produk pangan agar dapat menjual produk pangannya melalui aplikasi Warung Pangan.

Fitur tersebut dapat digunakan oleh perorangan atau pengusaha kecil menengah jika ingin memasok produk pangannya.

Direktur Komersial RNI Frans Marganda Tambunan mengapresiasi usaha teman-teman dari BGR Logistics untuk pencapaian aplikasi Warung Pangan selama setahun ini.

“Bagi Klaster Pangan, aplikasi Warung Pangan ini melengkapi dari hulu sampai ke hilir, dan adanya BGR Logistics ini menjadi pelengkap sinergitas dari BUMN Klaster Pangan yang dapat menjadi kontrol bagi Pemerintah dalam upaya stabilisasi stok kesediaan bahan pangan di Indonesia," kata Frans.

Sementara itu Chief Operating Officer TaniHub, Sariyo memastikan semua pihak di TaniHub bakal terlibat dalam kerjasama yang terjalin antara Warung Pangan dan TaniHub.

Dampak yang diberikan tidak hanya ke petani saja tetapi juga menyasar para pelaku UMKM. Ia menegaskan Tanihub siap mensuplai produk pertanian yang masih fresh di Warung Pangan.

“Jadi banyak yang akan bisa dikembangkan mulai dari saling suplai, saling jualan yang memungkinkan, itu paling cepat terjadi. Warung Pangan dan TaniHub sudah menjalin kerjasama dengan pendistibusian buah-buahan ke tenaga kesehatan di Rumah Sakit BUMN dan selanjutnya akan disinergikan terkait logistik pangan dari Hulu ke Hilir," ujar Sariyo.

Fitur WP Supplier dalam aplikasi Warung Pangan adalah aplikasi web based yang bisa dipakai oleh para pengusaha kecil atau menengah maupun perorangan atau koperasi untuk memasok produk pangan di aplikasi Warung Pangan.

WP Supplier dibentuk sebagai salah satu fitur pendukung aplikasi Warung Pangan dalam upaya mendukung ketahanan pangan nasional bersama dengan seluruh pemasok untuk penyerapan produk pangan dan sembako yang lebih optimal.

Baca juga: BGR: Warung Pangan Grosir bantu penuhi kebutuhan pangan publik

Baca juga: BGR berencana untuk memperluas jangkauan dan peran Warung Pangan

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2021