Jakarta (ANTARA) - Raksasa teknologi Korea Selatan Samsung dilaporkan berencana mulai memasukkan Optical Image Stabilization (OIS) pada seri Galaxy A kelas menengah mulai tahun depan.

Sebelumnya, OIS hanya disertakan dalam seri flagship Galaxy S dan Note. Namun, perusahaan telah mulai memasukkan fitur tersebut pada beberapa model teratas dalam seri Galaxy A.

Dikutip Gizmochina, Sabtu, laporan yang berasal dari Korea Selatan itu menunjukkan bahwa perusahaan saat ini berencana untuk memperluas ketersediaan OIS pada ponsel pintarnya ke seluruh model seri Galaxy A mulai tahun depan.

Optical Image Stabilization melibatkan pemasangan sensor gyro pada modul kamera yang menggerakkan lensa ke arah yang berlawanan untuk melawan segala bentuk guncangan atau gerakan, sehingga menjaga stabil. OIS biasanya diterapkan pada kamera belakang utama di sebagian besar ponsel.

Tahun ini, model Galaxy A series yang dilengkapi OIS antara lain Galaxy A72 yang mengemas kamera 64 megapiksel, Galaxy A52 yang juga dilengkapi sensor 64 megapiksel, dan Galaxy A22 4G yang mengemas kamera 48 megapiksel.

Semua model lain dalam seri seperti Galaxy A32 4G/5G, Galaxy A22 5G, dan Galaxy A42 menggunakan fokus otomatis (AF) dengan performa lebih rendah daripada OIS.

Samsung akhir-akhir ini kehilangan pangsa pasar dari produsen China seperti Xiaomi yang menawarkan smartphone kelas atas dengan harga yang ramah kantong.

Langkah untuk memperluas penggunaan OIS dinilai merupakan upaya untuk memperkuat daya saing segmen mid-range. Bahkan Apple diperkirakan akan membawa OIS ke iPhone SE 5G yang dikabarkan akan dirilis akhir tahun ini.

Perusahaan Korea Selatan itu baru-baru ini menginvestasikan 150 miliar won di Jaeyoung Solutech, pemasok suku cadang sekunder untuk ponsel pintarnya.

Perusahaan mengumumkan beberapa hari yang lalu bahwa mereka akan memasuki pasar modul kamera OIS dengan rencana untuk memasok modul kamera OIS ke Samsung Electronics pada awal kuartal keempat.


Baca juga: Samsung Galaxy A03s, entry level dengan memori besar

Baca juga: Ponsel lipat baru Samsung meluncur global, akan dijual di 130 negara

Baca juga: Samsung perluas pangsa pasar tablet di Eropa, Timur Tengah, dan Afrika

Penerjemah: Fathur Rochman
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021