Kupang (ANTARA) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mencatat sebanyak 89 atlet dan lima ofisial yang akan mengikuti ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua telah menjalani vaksinasi COVID-19.

"Semua atlet dan pelatih kita sudah divaksin, dan mereka dalam keadaan sehat, siap berlaga di PON Papua," kata Ketua Umum KONI NTT Andre Koreh saat dihubungi di Kupang, Sabtu.

Hal itu ia sampaikan terkait pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi kontingen NTT yang akan mengikuti PON, yang akan berlangsung di Papua pada Oktober 2021.

Andre mengatakan seluruh atlet dan ofisial di NTT telah menjalani vaksinasi COVID-19, baik dosis pertama maupun kedua, dan kondisi kesehatan mereka hingga kini tetap terjaga dengan baik. 

Baca juga: KONI NTT: 83 atlet PON telah divaksin COVID-19 

Menurut dia, untuk memantau kondisi kesehatan para altet, tim dokter dari NTT juga akan diikutsertakan ke ajang PON.

"Ada tim dokter kita dari NTT, tapi akan bergabung dengan tim dokter Pengurus Besar PON," ujar Andre.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan seluruh atlet saat ini tengah menjalani latihan intensif secara mandiri di bawah tanggung jawab masing-masing pengurus dari 12 cabang olahraga.

Ia menambahkan upaya persiapan, di antaranya pengawalan dan pendampingan, terus dilakukan sehingga para atlet bisa tampil dengan kondisi yang sehat dan prima serta lebih percaya diri di ajang PON Papua.

"Para atlet maupun ofisial memiliki tekad dan semangat yang besar untuk menampilkan yang terbaik karena mereka sudah melalui berbagai tahapan persiapan yang tidak mudah," pungkas Andre. 

Baca juga: 89 atlet NTT latihan mandiri untuk PON Papua 
Baca juga: Kempo NTT target pertahankan tujuh medali emas di PON Papua 

 

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021