Tentu saya sangat serius untuk mendorong kepemimpinan milenial di jajaran pimpinan BUMN dan kita lakukan secara tiga aspek, antara lain kebijakan, lingkungan dan budaya kerja yang mendukung
Jakarta (ANTARA) - Menteri BUMN Erick Thohir mendorong kepemimpinan milenial di BUMN melalui tiga aspek yakni kebijakan yang mendukung, pengembangan kapasitas dan membuka kesempatan.

Erick Thohir berusaha keras dan menekankan bahwa generasi muda Indonesia bukan beban, apalagi ancaman, namun justru menjadi inspirasi, energi, membawa inovasi dan penggerak kemajuan dan transformasi BUMN.

"Tentu saya sangat serius untuk mendorong kepemimpinan milenial di jajaran pimpinan BUMN dan kita lakukan secara tiga aspek, antara lain kebijakan, lingkungan dan budaya kerja yang mendukung," kata Erick dalam seminar daring Way to Go: Society 5.0 yang digelar Universitas Indonesia di Jakarta, Sabtu.

Menteri BUMN sendiri mengungkapkan bahwa pihaknya baru saja mengangkat deputi SDM Kementerian BUMN berusia 38 tahun yang tentunya hal tersebut merupakan bagian dari kebijakan.

Aspek kedua adalah penting melakukan pengembangan kapasitas lewat pelatihan dan mentoring, karena itu dibuat bahwa pelatihan ini tidak dilakukan oleh Kementerian BUMN lagi melainkan dilakukan oleh Forum Human Capital Indonesia (FHCI).

Dengan demikian pelatihan tersebut dilakukan di komunitasnya, bukan di kementeriannya dan kedua belah pihak berdiri secara sejajar.

"Terakhir adalah kesempatan, dan ini yang ditekankan juga kepada para senior yang ada di BUMN, apakah sekarang menduduki posisi direksi atau dimana pun berikan kesempatan kepada generasi muda untuk berkontribusi tidak hanya sebagai eksekutor, tetapi pemikir dan pemimpin," kata Erick Thohir.

Sebelumnya Menteri BUMN Erick Thohir menekankan pentingnya sinergi sumber daya manusia (SDM) antara senior dan generasi muda atau millenial BUMN untuk memenangkan persaingan masa depan.

Erick Thohir menetapkan target untuk meningkatkan porsi kepemimpinan BUMN oleh generasi muda berusia di bawah 42 tahun sebesar 5 persen guna mendorong transformasi BUMN. Untuk mendorong pencapaian target itu, FHCI secara khusus membentuk organisasi yang mewadahi karyawan muda BUMN pada 2018.

Organisasi itu mulanya disebut sebagai FHCI Millenials yang kemudian diubah menjadi FHCI Muda pada 2020 dan kemudian BUMN Muda kini. Pada April 2021, Erick Thohir memilih Direktur Digital Healthcare Biofarma Soleh Ayubi menjadi Ketua dari BUMN Muda.

Di bawah naungan Forum Human Capital Indonesia (FHCI) yang menjadi mitra strategis Kementerian BUMN dalam transformasi dan pengembangan human capital di BUMN, komunitas BUMN Muda menjadi wadah bagi generasi muda insan BUMN untuk menyatukan gagasan, mengembangkan potensi, serta meningkatkan kompetensi agar berkontribusi aktif sebagai agen perubahan dan pemimpin generasi baru BUMN di masa kini, dan mendatang.

Baca juga: Kementerian BUMN buka kesempatan milenial menjadi CEO

Baca juga: Erick Thohir dorong milenial jadi penggerak BUMN berdaya saing

Baca juga: Kementerian BUMN beri kesempatan milenial berkompeten jabat BOD BUMN

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021