Terasa luar biasa meraih pole position di sini
Jakarta (ANTARA) - Pebalap tuan rumah Max Verstappen mengklaim pole position Grand Prix Belanda setelah unggul tipis dari Lewis Hamilton di babak kualifikasi yang disaksikan puluhan ribu Orange Army yang memadati Sirkuit Zandvoort pada Sabtu.

Verstappen mencatatkan waktu 1:08,885 detik demi posisi start terdepan balapan seri ke-13 dalam kalender, dan Grand Prix pertama yang digelar di Negara Kincir Angin sejak 1985.

Flying lap terakhir Lewis Hamilton membawa sang pebalap Mercedes ke P2 dengan margin 0,038 detik untuk satu tempat di baris terdepan di samping sang rival dari tim Red Bull.

Baca juga: Verstappen 0,5 detik lebih cepat dari duet Mercedes di FP3 GP Belanda

Valtteri Bottas membawa mobil Mercedes kedua ke P6 dan Pierre Gasly melengkapi baris kedua untuk tim AlphaTauri, demikian laman resmi Formula 1.

"Terasa luar biasa meraih pole position di sini," kata Verstappen.

"Penontonnya luar biasa, mobil ini sangat baik dikendarai dan trek ini juga, sangat keren. Ini posisi start terbaik, karena menyalip akan sulit."

Setelah melewatkan pole position dengan margin sangat tipis, Hamilton memuji penampilan Verstappen dan trek Zandvoort.

"Max melakukan lap yang luar biasa," kata Hamilton yang sempat mengalami kerusakan mesin di FP2.

"Kemarin membuat sulit tapi saya mengerahkan segalanya... Kami belum pernah melihat penonton seperti ini untuk beberapa waktu. Saya harap trek ini menampilkan balapan yang baik, ini sirkuit yang sangat sulit."

Duet Ferrari menghuni baris ketiga ketika Charles Leclerc mengungguli Carlos Sainz, sementara Antonio Giovinazzi membawa Alfa Romeo ke P7 setelah mengalahkan duet tim Alpine Esteban Ocon dan Fernando Alonso.

Baca juga: Duet Ferrari dominasi FP2 GP Belanda, Mercedes Hamilton rusak

Pebalap McLaren Daniel Ricciardo melengkapi posisi sepuluh besar di saat rekan satu timnya, Lando Norris, gagal melaju ke Q3 dan bakal start dari P13.

Tim Red Bull mendapat pukulan dalam perebutan titel konstruktor ketika Sergio Perez gagal lolos ke Q2 setelah catatan waktunya tak cukup membuatnya bertahan di peringkat 15 besar.

Demikian pula Sebastian Vettel yang terhenti di Q1 karena terhalang dua mobil Haas yang dikendarai Mick Schumacher dan Nikita Mazepin ketika sang pebalap Aston Martin berupaya memperbaiki lapnya di pengujung sesi.

George Russell berpotensi ke sepuluh besar setelah tampil cepat sepanjang akhir pekan ini. Namun, sang pebalap Williams kehilangan kendali mobilnya dan menabrak pembatas di Q2 sehingga sesi kedua kualifikasi dihentikan sementara dengan empat menit tersisa.

Pebalap masa depan Mercedes itu kembali ke garasi dan tak menemui kerusakan berarti di mobilnya.

Ketika Russell dan para pebalap lain kembali melanjutkan sesi, giliran mobil Williams Nicholas Latifi yang kehilangan kendali dan menabrak pagar pembatas sehingga Q2 harus diakhiri lebih dini.

Baca juga: Hamilton kalahkan Verstappen di FP1 GP Belanda

Formula 1 kembali digelar di Belanda setelah lebih dari 30 tahun absen di negara itu ketika tahun ini Sirkuit Zandvoort memberi tantangan baru kepada para pebalap.

Zandvoort memiliki trek yang mengalir dan sempit sehingga tidak memberikan cukup banyak ruang menyalip.

Max Verstappen akan mendapat dukungan penuh Orange Army di balapan kandangnya itu untuk mencoba merebut pimpinan klasemen pebalap dari Lewis Hamilton yang kini masih unggul tiga poin.

Verstappen pekan lalu dinyatakan juara GP Belgia setelah balapan di Spa itu dihentikan karena cuaca buruk dengan separuh poin diberikan kepada para pebalap sepuluh besar.

Pada Rabu Kimi Raikkonen mengumumkan rencananya untuk pensiun dari F1 pada akhir musim, akan tetapi sang pebalap Finlandia bakal melewatkan balapan di Zandvoort setelah kedapatan positif COVID-19 jelang sesi latihan bebas ketiga pada Sabtu.

Tim Alfa Romeo menugasi pebalap cadangan mereka, Robert Kubica, untuk menggantikan Raikkonen. Sang pebalap Polandia akan start dari P18 di depan duet rookie tim Haas, Mick Schumacher dan Nikita Mazepin.

Baca juga: Raikkonen positif COVID-19, Alfa Romeo tugasi Kubica di Zandvoort

Hasil kualifikasi GP Belanda
1 Max Verstappen Red Bull Racing 1:08,885
2 Lewis Hamilton Mercedes AMG Petronas Formula One Team 1:08,923
3 Valtteri Bottas Mercedes AMG Petronas Formula One Team 1:09,386
4 Pierre Gasly Scuderia AlphaTauri Honda 1:09,478
5 Charles Leclerc Scuderia Ferrari Mission Winnow 1:09,527
6 Carlos Sainz Scuderia Ferrari Mission Winnow 1:09,537
7 Antonio Giovinazzi Alfa Romeo Racing Orlen 1:09,590
8 Esteban Ocon Alpine F1 Team 1:09,933
9 Fernando Alonso Alpine F1 Team 1:09,956
10 Daniel Ricciardo McLaren F1 Team 1:10,166
11 George Russell Williams Racing
12 Lance Stroll Aston Martin Cognizant Formula One Team
13 Lando Norris McLaren F1 Team
14 Nicholas Latifi Williams Racing
15 Yuki Tsunoda Scuderia AlphaTauri Honda
16 Sergio Perez Red Bull Racing
17 Sebastian Vettel Aston Martin Cognizant Formula One Team
18 Robert Kubica Alfa Romeo Racing Orlen
19 Mick Schumacher Uralkali Haas F1 Team
20 Nikita Mazepin Uralkali Haas F1 Team

Baca juga: Menuju Sirkuit Zandvoort, penonton GP Belanda dilarang gunakan mobil

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021