Tentunya rasa bersyukur kepada Allah, rasa bangga, 'reueus' (bangga) kepada Pak Iyus, asli orang Sunda
Bandung (ANTARA) - Ketua Pengurus Besar Paguyuban Pasundan Prof Dr HM Didi Turmudzi mengaku bangga dengan kiprah seorang alumnus dari Universitas Pasundan (Unpas) yang saat ini menjadi Sekretaris Kepaniteraan Mahkamah Agung (MA) Dr Iyus Suryana SH MH.

"Tentunya rasa bersyukur kepada Allah, rasa bangga, 'reueus' (bangga) kepada Pak Iyus, asli orang Sunda Jawa Barat serta kuliah S1, S2, S3 di Unpas dan jadi orang pertama yang masuk ke lingkaran yudikatif di Mahkamah Agung," kata Prof Didi, seusai menerima kunjungan Dr Iyus ke Gedung Paguyuban Pasundan, di Jalan Sumatra No. 41 Kota Bandung, Minggu.

Prof Didi berharap kiprah Iyus Suryana ini akan menjadi inspirasi dan dorongan bagi pengurus Paguyuban Pasundan dan alumni Universitas Pasundan untuk terus berkiprah dan meraih prestasi di dalam bidang yang digelutinya.

"Kami ucapkan selamat menjalankan tugas Pak Iyus. Saya mendoakan dalam menjalankan tugasnya diberikan kesehatan dan kemudahan serta terus memberikan kontribusi bagi bangsa," katanya pula.

Iyus Suryana menuturkan bahwa kunjungannya tersebut dilakukan dalam rangka silaturahmi sebagai alumnus Universitas Pasundan.

"Saya ini produk asli Unpas, karena S1, S2, hingga S3 saya berkuliah di Unpas. Saya berterima kasih, berkat dukungan Paguyuban Pasundan, Ketua Umum Prof Didi Turmudzi, para dosen dan jajaran yang telah mendukung dan membimbing saya, sehingga bisa masuk ke Mahkamah Agung," kata dia.

Iyus merupakan anak Sunda yang lahir di Garut, 31 Januari 1968.

Dirinya mengawali karier di pengadilan sebagai CPNS pada Pengadilan Negeri Garut pada tahun 1994.

Kemudian pengalaman memimpin kepaniteraan dimulai sebagai Wakil Panitera PN Garut mulai tahun 1999 hingga 2015.

Selanjutnya secara berturut-turut Iyus menduduki jabatan Panitera PN Cianjur tahun 2015, Panitera PN Tanjungpinang Januari 2017, Panitera PN Tanjungkarang Mei 2017, Panitera PN Sidoarjo tahun 2019, dan Panitera Pengadilan Negeri Jakarta Timur tahun 2021.

Iyus Suryana dilantik sebagai Sekretaris Kepaniteraan Mahkamah Agung pada 30 Agustus 2021.

Iyus meraih gelar sarjana hukum pada tahun 1993 di Universitas Pasundan, pendidikan pasca sarjananya diselesaikan pada Program Magister Ilmu Hukum Universitas Pasundan tahun 2007.

Terakhir Iyus menyandang gelar doktor ilmu hukum juga di Universitas Pasundan pada tahun 2019.

Iyus mengaku takjub kepada Universitas Pasundan yang terus berkembang sedemikian besar dan menghasilkan lulusan yang berkualitas dan bisa berkiprah di berbagai bidang.

"Tentunya sebagai alumnus Unpas, saya merasakan sendiri bahwa kita dapat bersaing dan berkiprah dimana pun jika memiliki kemampuan," katanya.

Iyus juga berharap para alumni Unpas akan semakin banyak yang berkarier lebih tinggi di bidang yudikatif maupun eksekutif.

"Maka dari itu silaturahmi lulusan harus ditingkatkan. Saya berharap orang Sunda maupun alumni Unpas dapat berkecimpung lebih atas, dan semoga akan ada menteri dari Pasundan," kata Iyus.
Baca juga: Universitas Pasundan Bandung bangun tiga masjid dan rumah sakit
Baca juga: Sandiaga ajak wisudawan Unpas ciptakan lapangan kerja

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021