Vaksinasi COVID-19 di kalangan WBP di Sulsel capai 78,19 persen

Vaksinasi COVID-19 di kalangan WBP di Sulsel capai 78,19 persen

Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di kalangan WBP di Sulsel dalam sepekan terakhir ini. (ANTARA/HO/Humas Kanwil Kemenkumham Sulsel)

Makassar (ANTARA) - Vaksinasi COVID-19 di kalangan warga binaan pemasyarakatan (WBP) di Lembaga Pemasyarakatan (lapas) dan Rumah Tahanan Negara (Rutan) di Provinsi Sulawesi Selatan telah mencapai 78,19 persen atau sebanyak 8.325 orang dari total 10.647 orang WBP.

Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan Edi Kurniadi di Makassar, Ahad, mengatakan 78,19 persen WBP yang sudah menjalani vaksinasi COVID-19 itu merupakan data per 4 September 2021.

Sebanyak 2.322 orang atau 21,81 persen WBP yang menghuni lapas dan Rutan di Sulsel belum menjalani vaksinasi COVID-19, namun sudah diagendakan untuk tahapan berikutnya.

"Dari sebanyak 8.325 orang WBP yang sudah divaksinasi, sebanyak 4.283 orang diantaranya baru divaksinasi dosis pertama dan sebanyak 4.042 orang telah divaksinasi dosis kedua atau vaksin lengkap," ujarnya.

Baca juga: 5.471 warga binaan di Sulsel sudah divaksin

Baca juga: Lapas Semarang menerima bantuan 600 vial AstraZeneca


Sementara itu, Kakanwil Kemenkumham Sulsel Harun Sulianto menyampaikan terima kasih kepada Pemprov Sulsel, Pemerintah Kabupaten/Kota di Sulsel, TNI, Polri, Poltekes dan Kantor Kesehatan Pelabuhan Makassar serta semua pihak yang telah membantu kelancaran vaksinasi COVID-19 di lapas dan rutan.

"Sisa 2.322 WBP yang belum divaksinasi, dan akan segera kami koordinasikan dengan pihak terkait. Bagi WBP yang kurang sehat, saat ini dalam pengobatan agar mereka bisa divaksinasi juga," ujar Harun.

Dia juga menyebut dari 24 lapas dan rutan di Sulsel, sebanyak 15 lapas dan rutan yang capaian vaksinasinya di atas 85 persen yakni Rutan Pinrang, Bantaeng, Sidenreng Rappang, Watansoppeng, Malino, Sinjai, Barru, Enrekang, Pangkajene, Jeneponto, Sengkang, Selayar, Lapas Kelas I Makassar, Takalar, dan Lapas Perempuan Kelas IIA Sungguminasa.
Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di kalangan WBP di Sulsel dalam sepekan terakhir ini. (ANTARA/HO/Humas Kanwil Kemenkumham Sulsel)


Harun mengatakan vaksinasi itu merupakan sebagai salah satu ikhtiar agar para WBP terhindar dari infeksi COVID-19.

Oleh karena itu, pihaknya terus memantau dan mengevalusi penerapan protokol kesehatan (prokes) COVID-19 di lapas/rutan yang meliputi ketersediaan tempat cuci tangan, penyemprotan disinfektan, pembagian masker dan kedisiplinan penggunaannya.

Selain itu, pembagian vitamin, alat cek suhu tubuh, protap menjaga jarak dan pencegahan kerumanan, pengaturan olahraga WBP, penyuluhan oleh dokter dan para medis kepada WBP dan penanganan serta mekanisme jika ada WBP yang sakit.

"Juga ada sosialisasi dan edukasi berkala dari dr Wahida Sp.KJ (Dokter Rutan Makassar) yang diikuti oleh para Kalapas dan Karutan selurih Sulsel," ujar Harun.*

Baca juga: Ratusan narapidana Lapas Lhokseumawe jalani vaksinasi COVID-19

Baca juga: Kanwilkumham DKI upayakan warga binaan miliki NIK agar bisa divaksin

Pewarta: Anwar Maga
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Genjot capaian vaksinasi,  Polres Pemalang sasar objek wisata 

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar