Jagoibabang, Kalbar (ANTARA News) - Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring, Sabtu, meresmikan 14 desa informasi secara serentak yang dipusatkan di Desa Jagoi, Kecamatan Jagoi Babang Kabupaten Bengkayang, Provinsi Kalimantan Barat.

Peresmian desa informasi oleh Menkominfo di Jagoi dan empat desa lainnya di Kalbar, serta 10 desa yang tersebar di Tanah Air merupakan program lanjutan dari desa informasi di Aruk, Kabupaten Sambas tahun 2009.

Sementara di Kalbar sendiri ada lima Desa Informasi yang akan diresmikan oleh Menkominfo, di antaranya Desa Informasi di Desa Senaning, Kecamatan Ketungau Hulu, Kabupaten Sintang; kemudian Desa Nibong, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas; Desa Jagoi, Kecamatan Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang; Desa Badau, Kecamatan Badau, Kabupaten Kapuas Hulu; dan Desa Balai Karangan, Kecamatan Sekayam, Kabupaten Sanggau.

Desa informasi lainnya yang juga diresmikan secara simbolis oleh Menkominfo, yakni empat desa di Provinsi Kalimantann Timur, yaitu Desa Aji Kuning, Kecamatan Sebatik Barat, Kabupaten Nunukan; Desa Liang Butan, Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan; Desa Long Loreh, Kecamatan Malinau Selatan, Kabupaten Malinau.

Kemudian desa informasi di Desa Tanjung, Kecamatan Bungutan Timur, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur; Desa Lenganeng, Kecamatan Tabukan Timur, Kabupaten Sangihe, Provinsi Slawesi Utara.

Desa Sota, Kecamatan Sota, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua, serta Desa Yayasan, Kecamatan Morotai Selatan, Kabupaten P Morotai, Provinsi Maluku Utara.

Desa Jagoi, adalah desa yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia Timur (Sarawak), untuk menuju ke desa itu memerlukan waktu tempuh sekitar delapan jam perjalanan darat, dari Pontianak - ibu kota Kabupaten Bengkayang enam jam perjalanan, kemudian masih membutuhkan waktu dua jam ke Desa Jagoi Babang.

Siaran televisi dan radio di desa tersebut lebih didominasi dari Malaysia karena lokasi desa itu sangat dekat dengan negara tetangga itu.

Menkominfo Tifatul Sembiring dalam sambutannya mengatakan, program desa informasi, yaitu upaya pemerintah untuk menjadikan masyarakat pintar.

"Malah militer menjadikan informasi sebagai strategi dalam memenangkan sebuah peperangan," katanya.
(ANT/A024)

 



Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010