Saya berharap pemerintah juga terus membangun kerja sama dengan BUMN atau BUMD
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua I Komite I DPD RI Filep Wamafma mengapresiasi upaya Kementerian Pertanian (Kementan) membangun pertanian di Papua, mengingat sektor pertanian di wilayah tersebut memiliki potensi besar terutama dalam mendukung peningkatan ekspor.

"Tentu saja, kita mendukung dan mengapresiasi berbagai program petani milenial dari Kementan, terutama semua kegiatan pembangunan yang dilakukan di Papua," kata Filep, senator dari Papua Barat dalam keterangannya yang dikutip di Jakarta, Senin.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo bersama jajarannya melakukan kunjungan kerja di Provinsi Papua beberapa hari yang lalu. Mentan memantau jalannya panen raya yang dilakukan petani di Kabupaten Merauke.

Selain itu, Mentan juga menyalurkan bantuan sebesar Rp19,43 miliar untuk mendorong lahan hutan sagu Sorong menjadi kawasan agrowisata dan mendorong peningkatan kualitas penggilingan padi hingga pencetakan ribuan petani milenial Papua.

Dengan kegiatan pembangunan ini, Filep merasa yakin akan membuat sistem baku SDM unggul serta standar hasil produksi hingga pemasaran hasil pertanian di Papua semakin berkembang pesat dan berkelanjutan.

"Karena itu, jika bekerja sama dengan berbagai pihak tentu pekerjaan menanamkan keinginan untuk bertani kepada kaum muda dapat menjadi lebih mudah. Saya berharap pemerintah juga terus membangun kerja sama dengan BUMN atau BUMD," katanya.

Filep menambahkan Papua sebagai wilayah perbatasan dengan negara lain dinilai memiliki potensi besar dalam memenuhi asupan makanan ekspor. Potensi tersebut misalnya adalah mengekspor beras nasional ke Papua Nugini dan juga negara lain yang dekat dengan perbatasan.

"Saya kira dengan adanya Duta Petani Millenial pertanian kita akan memiliki standar mutu yang baik dan ekspor ke negara lain," kata dia.

Sebelumnya, Mentan Syahrul mendorong Provinsi Papua mencetak lebih banyak SDM pertanian unggul yang siap menjadi wirausahawan muda dalam memperkuat sektor pertanian maju, mandiri dan modern.

Menurut Mentan langkah tersebut penting dilakukan mengingat Papua adalah daerah subur dengan lahan pertanian yang belum tergarap maksimal.

Baca juga: Ketua DPD RI dukung langkah Presiden tuntaskan vaksinasi di Lampung
Baca juga: Ketua DPD RI tegaskan pentingnya membangun desa
Baca juga: Ketua DPD dukung gerakan petani milenial Papua

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2021