Jakarta (ANTARA) - Setelah mencapai 20 juta pemain aktif bulanan di seluruh dunia, game 3D sandbox Mini World kini menjelma menjadi Mini World: CREATA.

"Dengan Mini World: CREATA, pemain bebas membangun ekosistem inklusif dengan berbagai konten buatan pengguna lain dan dapat terhubung dengan pemain-pemain lain," kata James Chan, Head of Mini World: CREATA dalam keterangannya pada Senin.

CREATA sendiri adalah seruan dari Mini World dalam mendorong para pemain untuk berkreasi dan mewujudkan imajinasi pemain di dalam platform tersebut.

Baca juga: Dunia Games League 2021 pertemukan jagoan PUBG Mobile
 
Ilustrasi Game Mini World CREATE (ANTARA/HO)

Chan menjelaskan pemain dapat menikmati beragam jenis game seperti parkour, pertempuran (battle), dekripsi (decryption), simulasi (simulation), dan lainnya.

"Terdapat juga game lainnya yang membuat pemain bernostalgia, seperti game yang menggunakan konten Tetris sebagai sumber inspirasi," kata James Chan.

Game Mini World mengundang para pemain yang membuat peta atau mini game yang dapat dimainkan oleh pemain lainnya, dan memberikan kompensasi berupa uang dari hasil pembuatan tersebut.

Mini World: CREATA merupakan peningkatan dari konsep monetisasi tersebut dengan menghadirkan sejumlah fitur yang mempermudah para developer untuk berkreasi dan menghasilkan uang.

Baca juga: UniPin, Riot Games SEA gelar pertandingan amal peringati Hari Kartini

Mini World: CREATA selain memiliki gameplay menarik, juga melibatkan pemain untuk menjadi bagian dalam game, memberikan ruang bagi pemain dalam berkontribusi memberikan konten, juga membebaskan pemain baru dalam memperkaya game. Hal ini menjadi alasan Mini World: CREATA menjadi game sandbox pilihan dengan puluhan juta pemain aktif.

Mini World: CREATA mempermudah proses pemain untuk berkontribusi dalam menyediakan konten dalam game, tanpa menyulitkan pemain ketika melakukan pengajuan konten. Kemudahan proses tersebut guna memberikan rasa nyaman kepada pemain sehingga dapat terus membuat dan memberikan konten - konten baru di dalam game. Hal itu dilihat dari ramainya platform sandbox dengan konten buatan pengguna atau disebut User Generated Content (UGC).
 
Ilustrasi Game Mini World CREATE (ANTARA/HO)

Seperti yang tertulis di nama Mini World: CREATA, create atau menciptakan adalah nilai inti permainan, dimana pemain dapat membuat segala sesuatu di meta-universe dengan menggunakan objek dan alat yang telah disediakan, seperti rumah, pesawat ruang angkasa, atau bahkan kota.

Baca juga: Battlefield 2042 akan gunakan bot untuk mengisi 128 pemainnya

Selain Mode Kreatif, Mini World: CREATA juga meluncurkan fitur terbaru yaitu “Mode Survival”. Mode ini telah tersedia di versi terbaru. Fitur di dalam mode ini dapat menciptakan petualangan baru yang menarik untuk pemain yang memiliki minat untuk eksplorasi dan bertahan hidup.

Dirilis pada tahun 2017, Mini World telah menjadi arena permainan dari hasil kreasi bagi puluhan juta pemain aktif di 30 negara lebih.

Berkat hasil imajinasi para pengguna aktif ini dapat dimainkan oleh pemain lainnya dari seluruh penjuru dunia, Mini World pun dianugerahi penghargaan “Game Inovatif Terbaik” oleh Google Play pada tahun 2018.

Di 2021, Mini World terus berinovasi untuk memberi pengalaman gameplay lebih menyenangkan, kreatif dan interaktif melalui CREATA. Bisa dipastikan Mini World akan terus berinovasi untuk membangun ekosistem inklusif dengan segudang konten buatan pengguna dan menghubungkan orang-orang melalui permainan.

Baca juga: Netflix tambah video games demi dongkrak jumlah pelanggan

Baca juga: Bug gim Marvel's Avengers yang tampilkan IP sekarang telah diperbaiki

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2021