Sutradara film Korea Selatan mulai beralih ke produksi layanan OTT

Sutradara film Korea Selatan mulai beralih ke produksi layanan OTT

Drama “Lost” disutradarai oleh Hur Jin-ho tayang perdana pada Sabtu (4/9/2021). ANTARA/HO-JTBC.

Jakarta (ANTARA) - Para sineas Korea Selatan mulai beralih untuk memproduksi karya di layanan streaming Over The Top (OTT) akibat dampak buruk pandemi COVID-19 yang melanda industri film.

Sutradara Hur Jin-ho, misalnya, membuat debut penyutradaraan serial televisi produksi JTBC berjudul "Lost" yang mulai ditayangkan pada Sabtu lalu (4/9).

Debut “Lost” dikabarkan memperoleh respon baik dengan rating pemirsa 4,2 persen. Drama ini dibintangi aktris pemenang penghargaan Cannes Jeon Do-yeon dan aktor Ryu Jun-yeol, berkisah tentang dua orang biasa yang merasa terombang-ambing dalam hidup dan bertemu satu sama lain untuk membuat hidup mereka lebih baik.

Sang sutradara mengaku dirinya tidak menyangka akan menyutradarai serial TV. Sebelumnya, Hur dikenal dengan film terlaris "Christmas in August" (1998) dan "Forbidden Dream" (2019).

Baca juga: "Binge-watching" hingga "hopping", tren menonton film saat ini

Baca juga: Pengamat: Platform digital adalah peluang bangkitkan perfilman


“Saya berubah pikiran dan mengumpulkan keberanian untuk membuat serial TV setelah membaca naskah yang begitu bagus. Tidak seperti film yang mulai produksi setelah naskah selesai, drama TV tetap memulai syuting selama naskahnya masih ditulis,” kata Hur saat konferensi pers pekan lalu, dikutip dari The Korea Times pada Senin.

“Jadi, ada rasa penasaran dan frustrasi dari waktu ke waktu. Meski secara harfiah rasanya seperti membuat tiga sampai empat film, tapi sejauh ini worth it,” tambahnya.

Selain Hur, sutradara Korea Selatan kenamaan lainnya juga mengambil kesempatan debut mereka untuk menyutradarai serial dengan Netflix. Mulai dari Hwang Dong-hyuk yang dikenal berkat film "Miss Granny" (2014), Yoon Jong-bi yang menyutradarai "Nameless Gangster" (2012), hingga Han Jun-hee yang menggarap "Hit-And-Run Squad" (2019).

Serial "Squid Game" yang digarap Hwang akan tayang di layanan streaming pada 17 September mendatang. Serial ini disebut-sebut sebagai serial yang paling dinanti tahun ini.

"Squid Game" dibintangi oleh Lee Jung-jae dan Park Hae-soo, bercerita tentang permainan anak-anak yang memiliki risiko tinggi dan membuat pemain yang kekurangan uang tertarik untuk memainkan tantangan hidup atau mati untuk mendapatkan hadiah besar.

Sementara sutradara Yoon menggarap serial “Suriname” yang dibintangi aktor kenamaan seperti Ha Jung-woo, Hwang Jung-min, dan Yoo Yeon-seok. “Suriname” berkisah tentang seorang bandar narkoba besar di Suriname, bekas koloni Belanda di pantai utara Amerika Selatan.

Pada 27 Agustus lalu, sutradara Han telah meluncurkan serial "D.P." yang menempati daftar 10 teratas Netflix selama sekitar satu pekan. Drama ini menyoroti kisah prajurit muda yang ditugaskan untuk menangkap tentara pembelot dan menghadapi kenyataan menyakitkan di balik tugas wajib militer.

Sutradara Yeon Sang-ho yang meraih kesuksesan global melalui film zombie "Train to Busan" (2016) dan "Peninsula" (2020) juga dikabarkan akan merilis serial keduanya "Hellbound". Sebelumnya pada tahun lalu, ia telah memulai debut serial TV-nya yang berjudul “The Cursed”.

Baca juga: Pengembang game Korea Selatan lirik produksi serial TV dan film

Baca juga: Jeong Jin-woon kembali ke layar lebar, bintangi film kriminal

Baca juga: "Hostage" duduki box office Korea Selatan geser "Sinkhole"

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Korsel apresiasi Indonesia sebarkan budaya pop Korea - Wawancara khusus

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar