Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina International Shipping (PIS) menggarap bisnis penyewaan kapal MT Gansumoro dengan sebuah perusahaan perdagangan komoditas multinasional Trafigura Group Pte Ltd yang berpusat di Geneva, Swiss.

Direktur Utama PIS Erry Widiastono mengatakan mekanisme penyewaan dalam bisnis tersebut adalah berbasis waktu (time charter).

"Kami terus mendorong terjadinya kerja sama dengan perusahaan multinasional khususnya di regional Asia dalam rangka memperkuat bisnis dan mewujudkan visi perusahaan," kata Erry dalam keterangan di Jakarta, Senin.

Gamsunoro adalah kapal tanker Aframax berjenis dirty petroleum product (DPP) dengan bobot mati 105.638 metrik ton yang dibuat pada tahun 2014.

Pengiriman kapal Gamsunoro kepada Trafigura dilakukan pada 15 Agustus 2021 di Singapura. Wilayah pelayanannya akan mencakup Teluk Arab hingga Asia Timur.

Trafigura menerapkan standar keselamatan yang ketat, seperti kewajiban kapal untuk dapat memenuhi standar Ship Inspection Report Programme (SIRE).

Baca juga: Laba bersih Pertamina Shipping semester I 2021 lampaui target

Inspeksi SIRE dilakukan untuk meninjau sistem kargo kapal, ruang mesin, peralatan navigasi, sistem pemadam kebakaran dan peralatan keselamatan yang dilakukan oleh tenaga ahli bersertifikat khusus.

Penerbitan izin SIRE merupakan bukti bahwa kapal MT Gamsunoro memenuhi standar dan persyaratan yang berlaku di industri perkapalan internasional.

Sebelum menjalani bisnis dengan Trafigura, PIS telah menjalin bisnis penyewaan kapal secara time charter selama empat bulan dengan perdagangan di wilayah Teluk Arab hingga Jepang.

Erry mengatakan PIS berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen internasional melalui keunggulan layanan dan operasi keselamatan serta meningkatkan penetrasi pasar di regional agar menjadi perusahaan logistik kelautan yang terintegrasi.

“Melalui kerja sama yang telah dibangun ini, kami akan memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen, sehingga dapat berlanjut dengan potensi bisnis lainnya dengan Trafigura,” pungkas Erry.

Baca juga: IPO dinilai perkuat posisi PIS di industri energi dan logistik laut
Baca juga: Pertamina International Shipping siapkan strategi jadi pemain global

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2021