Upaya-upaya mitigasi yang terencana dengan baik perlu dilaksanakan. Baik mitigasi berbasis individu, masyarakat maupun pemerintah.
Purwokerto (ANTARA) - Pakar Hidrologi dan Sumber Daya Air Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Yanto, Ph.D mengingatkan perlunya memperkuat rencana mitigasi jangka panjang untuk mengantisipasi bencana hidrometeorologi.

"Rencana mitigasi jangka panjang sangat perlu dilakukan sehingga semua pihak dapat menentukan langkah-langkah reaksi terhadap perubahan iklim," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Senin.

Dia menjelaskan, bencana hidrometeorologi terjadi setiap tahun terutama saat musim hujan.

"Sebagian besar adalah bencana hidrometeorologi dalam bentuk banjir dan tanah longsor," katanya.

Baca juga: KemenPUPR siapkan upaya mitigasi sikapi bencana hidrometeorologi basah

Baca juga: Wilayah Banyumas Raya harus siaga hadapi bencana hidrometeorologi


Selain mitigasi jangka panjang, perlu juga memperbanyak studi untuk menghasilkan rekomendasi teknologi yang tepat.

"Selain itu, perlu dikembangkan sistem informasi yang dapat diandalkan, cepat dan akurat serta perlunya ketersediaan dan akses data guna mempermudah studi terkait mitigasi," katanya.

Untuk itu, kata dia, pemerintah harus membuka data hidrometeorologi seluas-luasnya agar dapat dimanfaatkan oleh para periset.

"Peraturan terkait penyediaan data hidrometeorologi perlu ditinjau ulang sehingga data-data tersebut dapat dimanfaatkan untuk kepentingan riset," katanya.

Dalam siklus manajemen bencana dikenal empat tahapan penting yakni mitigasi, kesiapsiagaan, tanggap darurat dan pemulihan.

"Selama ini pemerintah dan elemen masyarakat cukup baik dalam upaya tanggap darurat. Berbagai unsur bahu membahu ketika terjadi bencana. Namun, upaya-upaya mitigasi saya rasa masih belum memadai dan harus terus ditingkatkan," katanya.

Menurut dia, bencana meteorologi dapat dikenali polanya sehingga prediksi kejadian bencana dapat dilakukan. "Sekarang saatnya seluruh pihak memberikan porsi perhatian yang lebih besar terhadap upaya mitigasi bencana hidrometeorologi. Salah satunya dengan memberikan kemudahan akses data bagi para ilmuwan," katanya.

Dia mengatakan langkah mitigasi yang terencana merupakan salah satu upaya efektif dalam upaya mengurangi risiko bencana hidrometeorologi.

"Upaya-upaya mitigasi yang terencana dengan baik perlu dilaksanakan. Baik mitigasi berbasis individu, masyarakat maupun pemerintah," katanya.*

Baca juga: Ketua DPD minta pemda antisipasi curah hujan tinggi

Baca juga: Antisipasi La Nina, Kepala BNPB sebut perlu mitigasi nonstruktural

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021