Atlet renang ditargetkan oleh KONI Bali bisa meraih 3 medali emas ...
Denpasar (ANTARA) - Atlet renang Bali mengikuti latihan intensif di Kolam Renang Tirta Arum, Badung, Bali, menjelang persiapan bertanding pada PON 2020 di Papua yang akan berlangsung 2-15 Oktober 2021.

"Atlet renang ditargetkan oleh KONI Bali bisa meraih 3 medali emas, atau meningkat dari PON 2016 di Jawa Barat saat atlet renang PON Bali meraih 1 medali emas, 2 medali perak dan 1 medali perunggu," kata Pelatih tim renang PON Bali, I Wayan Wiarta, di Denpasar, Senin.

Di sela latihan, ia menjelaskan target tiga emas itu diproyeksikan kepada tiga perenang yakni Eva Lilian van Leenen, I Putu Wirawan dan Pande Made Iron Digjaya. "Target itu tanpa mengecilkan perenang lainnya yang nantinya diharapkan mampu memberikan penampilan dan hasil terbaik bagi Bali," katanya.

Baca juga: Tim tarung derajat Bali targetkan tiga medali emas PON Papua

Ia menambahkan saat PON 2016 di Jawa Barat, 1 emas itu diraih Eva Lilian van Leenen, sedangkan I Putu Wirawan saat ini sedang latihan di Pelatnas.

Atlet renang PON Bali yang menjadi unggulan yakni Eva Lilian van Leenen ditargetkan emas di nomor 200 meter gaya dada putri, kemudian I Putu Wirawan di nomor 400 meter gaya ganti perorangan putra dan Pande Made Iron Digjaya di nomor 200 meter gaya dada putra.

Program latihan menjelang PON 2020 di Papua tersebut dilakukan untuk lebih memantapkan program menjelang kompetisi dengan intensitas latihan yang meningkat yakni satu minggu 12 kali latihan dengan rincian sembilan kali berenang, dua kali fitness dan satu kali evaluasi.

Tim renang PON Bali diperkuat 9 atlet yakni 8 di renang kolam dan 2 di perairan terbuka dan satu perenang di perairan terbuka merangkap di nomor kolam.

Baca juga: KONI Bali gelar Pelatda 251 atlet hadapi PON XX

Secara terpisah, Eva Lilian van Leenen mengatakan ia tidak mau terlalu serius memikirkan target pada PON 2020 karena dikhawatirkan justru akan menjadi beban bagi dirinya.

"Sekarang lebih fokus untuk perbaiki best time saja dan juga mental serta fisik," kata Eva.

Ia menambahkan persaingan bakal sengit karena pada saat perankingan pra PON XX, ia berada di peringkat 4 besar.

Atlet renang PON Bali untuk perairan terbuka akan berangkat ke Papua pada 1 Oktober 2021 dan bertanding pada 6 Oktober 2021 sedangkan atlet renang PON Bali untuk kolam akan berangkat pada 6 Oktober 2021 dan bertanding pada 9 Oktober 2021.

Baca juga: Airlangga: Pemerintah targetkan kasus COVID di Papua turun sebelum PON

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf/Nyoman Hendra
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021