Cilacap (ANTARA News) - Sebanyak 35 peselancar dari tujuh klub mengikuti Kontes "Surfing" Nasional Tahun 2010 di Pantai Indah Widarapayung, Cilacap, Jawa Tengah, Minggu.

"Tujuh klub ini berasal dari Pangandaran, Batukaras, Cimaja, Bali, Lumajang, Pantai Carita, dan tuan rumah Widarapayung," kata Ketua Panitia Kontes "Surfing" Nasional Tahun 2010, Iqbalulmurid, di Pantai Indah Widarapayung.

Menurut dia, kontes itu terbagi dalam tiga kelas, yakni "grommet" dengan peserta di bawah usia 14 tahun, "open", dan atraksi dengan penilaian keindahan bermain di antara deburan ombak.

Ia mengatakan, total hadiah yang diperebutkan dalam kontes ini senilai Rp15 juta.

"Kontes ini merupakan yang pertama kali digelar di Pantai Indah Widarapayung maupun di Jawa Tengah. Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi agenda tahunan dalam rangka promosi wisata Kabupaten Cilacap, khususnya Pantai Indah Widarapayung," katanya.

Dalam hal ini, dia mengatakan, pihaknya berharap keindahan Pantai Indah Widarapayung akan semakin dikenal oleh wisatawan nusantara maupun mancanegara khususnya penggemar "surfing" melalui kontes tersebut.

Oleh karena itu, kata dia, kontes tersebut juga dihadiri oleh empat peninjau dari Australia dan Spanyol.

"Hanya saja para pelaku wisata di Widarapayung masih terkendala dalam penguasaan bahasa Inggris. Untuk itu kami terus berupaya membekali mereka dengan memberi kursus bahasa Inggris sebagai persiapan menyambut wisatawan mancanegara pascakegiatan ini," katanya.
(KR-SMT/M028/A038)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010