Longsor tersebut terjadi tadi subuh
Mamuju (ANTARA) - Polres Majene Provinsi Sulawesi Barat bersama warga membersihkan material longsor yang memutus akses jalan Trans Sulawesi di wilayah Kecamatan Tubo Sendana.

Kasat Lantas Polres Majene Iptu Andi Rady yang turun langsung melihat kondisi jalur yang menghubungkan Kabupaten Majene dan Kabupaten Mamuju yang terputus, Senin mengatakan, upaya pembersihan material longsor itu harus dilakukan mengingat jalur tersebut merupakan jalan Trans Sulawesi yang menghubungkan beberapa provinsi di Pulau Sulawesi.

"Hari ini, kami bersama masyarakat membersihkan tumpahan material tanah, batu dan pepohonan yang tumbang akibat longsor di wilayah Kecamatan Tubo Sendana," kata Andi Rady.

"Jalan ini merupakan jalur Trans Sulawesi yang menghubungkan Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat hingga Sulawesi Tengah, sehingga harus segera dibersihkan agar tidak mengganggu distribusi berbagai kebutuhan," tambahnya.

Jalan Trans Sulawesi yang berada di wilayah Kecamatan Tubo Sendana di Kabupaten Majene tersebut tertutupi material longsor Senin subuh, setelah wilayah itu diguyur hujan lebat beberapa hari terakhir.

Akibatnya, jalan penghubung antara Kabupaten Majene dan Kabupaten Mamuju itu terputus, menyebabkan terjadinya antrean kendaraan dari arah Sulawesi Selatan menuju wilayah Sulawesi Barat, begitupun sebaliknya.

"Longsor tersebut terjadi tadi subuh. Tidak ada korban jiwa atas peristiwa itu, tapi sempat menyebabkan terjadinya antrean panjang kendaraan," ujarnya.

"Longsor sendiri disebabkan karena curah hujan tinggi yang terjadi dalam beberapa hari belakangan ini yang menyebabkan material longsoran berupa tanah maupun batu serta pohon yang berada di atas gunung Kecamatan Tubo Sendana menutupi badan jalan arah Majene-Mamuju dan sebaliknya," jelas Andi Rady.

Untuk membersihkan material longsoran, petugas terpaksa mendatangkan alat berat agar lebih cepat memulihkan kembali arus lalu lintas.

Kasat Lantas Polres Majene yang juga didampingi Kapolsek Sendana Iptu Suryanto mengimbau masyarakat, khususnya pengguna jalan untuk lebih waspada dan berhati-hati lagi saat berkendara di sepanjang jalan poros Majene-Mamuju, karena di beberapa titik juga rawan terjadi longsor.

Baca juga: Jalur trans Sulawesi di Kabupaten Majene tertimbun longsor

Baca juga: BPJN Sulbar pastikan akses transportasi jalan trans Sulawesi lancar

Baca juga: Longsor kembali putus jalur trans Sulawesi Majene-Mamuju

Pewarta: Amirullah
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021