Jakarta (ANTARA) - Kota Taylor, Texas, berencana menawarkan keringanan pajak properti jika Samsung memilih untuk membangun pabrik chip dengan nilai investasi 17 miliar dolar AS atau Rp241,8 triliun di wilayahnya, dikutip dari Reuters, Senin.

Pabrik chip itu diharapkan dapat menciptakan sekitar 1.800 lapangan pekerjaan baru. Samsung mengatakan, pihaknya saat ini masih mencari lokasi yang potensial lainnya di Arizona dan New York.

Hingga kini, belum ada lokasi lain yang mengungkapkan rencana keringanan pajak seperti di Texas.

Putusan yang diusulkan dalam situs web kota menunjukkan tanah yang hendak digunakan Samsung akan ditawarkan hibah yang setara dengan 92,5 persen dari pajak properti selama 10 tahun, 90 persen untuk 10 tahun berikutnya, dan 85 persen untuk 10 tahun berikutnya lagi.

Langkah-langkah lainnya adalah pengabaian pajak 92,5 persen atas properti baru selama 10 tahun dan pembayaran biaya tinjauan pengembangan.

Usulan tersebut akan dipertimbangkan pada Rabu (8/9) waktu setempat oleh Dewan Kota Taylor dan Komisaris Wilayah Williamson.

Lokasi calon pabrik di Taylor terletak sekitar 25 mil dari Austin. Luasnya sekitar 4,81 kilometer persegi, jauh lebih besar dari pabrik yang berlokasi di Austin.

Tahun lalu, Samsung membeli 250 hektar tanah di Austin yang merupakan tambahan dari 350 hektar yang dimiliki perusahaan tersebut, meliputi pabrik chip Samsung satu-satunya di AS.

Jika Samsung memilih membangun pabrik chip di Taylor, mereka berencana melakukan terobosan pada kuartal pertama tahun depan dengan produksi yang akan dimulai pada akhir 2024.

Baca juga: Simak fitur Samsung Galaxy Buds2, harga Rp1,6 juta

Baca juga: Scania hentikan produksi truk di tiga pabrik Eropa

Baca juga: AS setujui penjualan chip mobil untuk Huawei


 

Penerjemah: Suci Nurhaliza
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021