Jakarta (ANTARA) - PT Astra Graphia Tbk (Astragraphia) melalui bisnis inti Solusi Dokumen memperkenalkan tiga solusi digital bernama iCare, iSense, dan Online Support Assistance (OSA) untuk seluruh pelanggan Astragraphia di Indonesia.

"iCare, iSense, dan OSA adalah inovasi yang Astragraphia hadirkan di masa pandemi untuk memberikan nilai tambah terhadap kualitas layanan perusahaan untuk pelanggan serta mendukung langkah efisiensi perusahaan," kata Direktur PT Astra Graphia Tbk King Iriawan Sutanto melalui keterangannya, Senin.

Iriawan melanjutkan, ketiga inovasi ini Astragraphia proyeksikan sebagai solusi digital untuk mempercepat penyampaian permintaan layanan dan eskalasi penyelesaian masalah, mempermudah proses administrasi dan pengecekan status mesin, serta mempermudah pelanggan untuk mendapatkan info atau panduan lengkap seputar produk yang dibutuhkan oleh seluruh pelanggan Astragraphia.

Baca juga: Instamoney tawarkan solusi digital industri remitansi

iCare merupakan aplikasi mobile untuk pelanggan menyampaikan permintaan layanan dengan lebih cepat.

Sementara, iSense merupakan aplikasi disajikan dengan dashboard yang membantu mencatat status mesin, bahan pakai, dan meter mesin (penggunaan klik/cetak) secara otomatis.

Sedangkan OSA memampukan pelanggan untuk mendapatkan informasi dan panduan seputar produk secara lengkap melalui situs web yang dapat diakses secara mandiri 24 jam setiap hari.

"Sejak diluncurkan, Astragraphia sudah memproses lebih dari 2 ribu permintaan layanan per bulan terkait perbaikan mesin maupun permintaan bahan pakai melalui aplikasi iCare," kata Chief of Customer Service & Support PT Astra Graphia Tbk Soebandi.

Baca juga: Surge , ciptakan inovasi dan solusi di era kompetisi solusi digital

"Per Agustus 2021, iSense juga sudah diaplikasikan di mesin-mesin pelanggan di 32 cabang Astragraphia di Indonesia. Sedangkan OSA sudah diakses oleh seluruh pelanggan di Indonesia dengan rata-rata 8 ribu sesi per bulan," imbuhnya.

Selama masa pandemi di mana interaksi fisik dibatasi, ia berharap solusi digital iCare, iSense, dan OSA mampu meminimalisir interaksi fisik namun mempercepat proses administrasi pemberian layanan kepada pelanggan.

Contohnya iCare yang mampu memotong proses tunggu pelanggan hingga 81,25 persen dalam menyampaikan permintaan layanan dibandingkan jika melakukan panggilan telepon ke Call Center Halo Astragraphia.

Pembuatan iCare dan pengembangan iSense telah dilakukan sejak akhir tahun 2020. Pembaruan iSense dan OSA lebih dulu beroperasi pada tengah tahun 2020, sedangkan iCare mulai beroperasi pada bulan Februari 2021.

iCare telah terdaftar pada Penyelenggara Sistem Elektronik Kementerian Komunikasi dan Informatika nomor 000219.01/DJAI.PSE 02/2021 dan telah mendapat penghargaan sebagai Innovative Digital Service Solution dalam acara IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia (ICAII) 2021.

Baca juga: Astragraphia peduli pengembangan UKM di bisnis cetak

Baca juga: Sambut MEA, Astragraphia ajak Xerox berinvestasi


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2021