Formula 1

Bottas hengkang dari Mercedes, bergabung ke Alfa Romeo musim depan

Bottas hengkang dari Mercedes, bergabung ke Alfa Romeo musim depan

Pebalap Mercedes Valterri Bottas mengenakan masker saat melakukan konferensi pers GP Styria di Red Bull Ring, Styria, Austria, pada 26 Juni 2021. ANTARA/FIA/Handout via REUTERS

Jakarta (ANTARA) - Valtteri Bottas akan hengkang dari Mercedes pada akhir musim ini untuk bergabung dengan tim Alfa Romeo mulai 2022 setelah menandatangani kontrak berdurasi multi-tahun dengan tim asal Swiss tersebut.

Bottas memainkan peran penting dalam membantu tim Silver Arrow memenangi empat gelar konstruktor dan telah meraih sembilan kemenangan serta 53 podium.

Sang pebalap Finlandia akan meninggalkan Lewis Hamilton yang telah menjadi tandemnya di Mercedes sejak 2017 dan akan kembali di bawah arahan Fred Vasseur, bos Alfa Romeo sekarang, yang membantu Bottas memenangi titel GP3 pada 2011 ketika membalap untuk tim ART Grand Prix.

"Babak baru dalam karier membalap saya sedang terbuka, saya sangat senang bergabung dengan Alfa Romeo Racing Orlen untuk 2022 dan seterusnya yang akan menjadi tantangan baru dengan pabrikan yang ikonik ini," kata Bottas dikutip laman resmi tim, Senin.

"Alfa Romeo adalah brand yang tak perlu perkenalan lagi, mereka telah menulis sejarah luar biasa di Formula 1 dan suatu kehormatan mewakili tim ini."

Masa depan Bottas di Mercedes telah menimbulkan spekulasi selama beberapa bulan terakhir, ketika bos Toto Wolff mempertimbangkan juga pebalap juniornya George Russell untuk menggantikan sang pebalap Finlandia.

Baca juga: Bottas belum putuskan masa depan menyusul rencana pensiun Raikkonen 
Baca juga: Bottas tercepat di FP1 GP Belgia, Hamilton P18 


Kendati bakal mendapat tantangan baru, Bottas mengatakan akan terus memberikan yang terbaik bagi Mercedes hingga akhir musim ini untuk mempersembahkan kembali gelar konstruktor ke Silver Arrow.

Vasseur menyambut baik kedatangan Bottas ke Alfa Romeo dan yakin ia bakal memainkan peran kunci di tim barunya ketika mereka berambisi meningkatkan peringkat mereka di grid saat peraturan baru diterapkan di F1 musim depan.

"Valtteri telah menjadi bagian integral di tim yang menulis ulang buku sejarah, dan dia memiliki empat gelar juara dunia konstruktor, dia adalah pebalap yang tepat untuk membantu Alfa Romeo Racing ORLEN melangkah ke depan menuju grid terdepan," ungkap Vasseur.

"Kontrak multi tahun ini memberi Valtteri dan tim stabilitas yang kami butuhkan untuk membangun proyek di masa krusial untuk Formula 1." 

Sebelum kabar perekrutan Bottas itu, Kimi Raikkonen mengumumkan bakal meninggalkan Alfa Romeo dan pensiun pada akhir musim ini.

Sementara itu, Alfa Romeo belum memutuskan siapa yang bakal menjadi tandem Bottas pada 2022. 

Baca juga: Bottas diganjar penalti lima posisi grid untuk balapan selanjutnya 
Baca juga: Hamilton telah bicara kontrak dengan Mercedes, dukung Bottas bertahan 
Baca juga: Bos tim Mercedes tegaskan tak akan depak Bottas di tengah musim 

 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Rr. Cornea Khairany
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar