Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Timur membuat kawasan Kanal Banjir Timur (KBT) yang berada di Kelurahan Duren Sawit dan Malaka menjadi Kampung Buah.

Wali Kota Jakarta Timur, Muhammad Anwar mengatakan, pembuatan Kampung Buah itu dalam rangka mendukung program Kementerian Pertanian mengenai Kampung Buah di seluruh Indonesia tahun 2021. 

“Saat ini kita fokuskan pada Kampung Buah di wilayah BKT di Kelurahan Duren Sawit dan Malaka Sari," kata Muhammad Anwar dalam rapat Koordinasi Perencanaan Program Pembuatan Kampung Buah di Jakarta, Senin.

Hal ini menjadi keseriusan bersama jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur. "Nantinya akan ditanamkan 500 pohon mangga dan 500 alpukat,” katanya.

Anwar mengatakan, kegiatan itu dilakukan berdasarkan Keputusan Direktorat Jendral Hortikultura Nomor 21/Kpts/HK.320/D.3/05/ 2021 tentang Penerima Bantuan Sarana Produksi Kegiatan Peningkatan Produksi Buah dan Florikultura Kawasan Buah Lain Tahap I Tahun Anggaran 2021. 

Baca juga: Jaktim ubah parkiran liar kolong Tol Becakayu jadi ruang publik
Baca juga: Petugas PPSU Cipinang Melayu bertani di kolong Tol Becakayu
Tanaman jagung di bantaran Kanal Banjir Timur (KBT) pada hari Sabtu (7/11/2020). ANTARA/Sri Muryono
Wali Kota mengatakan, pihaknya mendukung penuh kegiatan tersebut karena menjadi salah satu upaya meningkatkan ketahanan pangan masyarakat serta penataan dalam memanfaatkan lahan di Banjir Kanal Timur. 

"Program Kampung Buah nantinya dibuat dengan menerapkan konsep pemberdayaan masyarakat dan meningkatkan kolaborasi bersama pemangku kepentingan untuk terlibat," ujar Anwar.

Pelaksana Tugas (Plt) Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Timur, Ali Nurdin menambahkan, Pemprov DKI Jakarta telah menunjuk lokasi terkonsentrasi untuk dijadikan Kampung Buah.

Yaitu, sepanjang kawasan BKT yang berada di Kecamatan Duren Sawit, Jatinegara dan Cakung dengan total luas 20.000 meter persegi (m2) di sisi selatan dan seluas 10.000 m2 di sisi utara. 

“Semoga ini dapat bermanfaat besar bagi seluruh masyarakat nantinya dan dapat menjadikan BKT sebagai ikon Kota Jakarta Timur yang hijau dan asri," ujar Ali Nurdin.
Baca juga: Mereka yang ikut andil menjaga pangan untuk warga Jakarta

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021