Ganjar: Jateng butuh 2,5 juta vaksin per pekan untuk capai target

Ganjar: Jateng butuh 2,5 juta vaksin per pekan untuk capai target

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat mengikuti webinar bersama Persada.id secara daring. (ANTARA/HO-Humas Pemprov Jateng)

Banjarnegara (ANTARA) -
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan pihaknya membutuhkan 2,5 juta vaksin COVID-19 per pekan dari pemerintah pusat untuk mencapai target vaksinasi yang telah ditetapkan.

"Kami optimistis akhir tahun ini selesai karena itu target Presiden, makanya harus dilakukan percepatan, termasuk penambahan vaksin hingga 2,5 juta per pekan," katanya usai memimpin Rapat Koordinasi Penanganan COVID-19 di rumah dinas Bupati Banjarnegara di Banjarnegara, Senin.

Ganjar menjelaskan target vaksinasi di Jateng sebanyak 28 juta orang, namun hingga saat ini tercatat baru sekitar 7,7 juta orang yang sudah divaksin dosis pertama dan 4,5 juta orang vaksin dosis kedua.

Baca juga: Polda Jateng masifkan vaksinasi COVID-19 di ponpes dan tempat ibadah

Menurut dia, stok vaksin untuk Jateng terus ditambah oleh pemerintah, namun jika dihitung, stok itu masih kurang untuk memenuhi target.

Dengan kiriman saat ini yang hanya 1 juta sampai 1,6 juta vaksin per pekan, lanjut Ganjar, target selesai vaksinasi sampai akhir tahun akan sulit tercapai.

"Sudah saya mitigasi, dugaan saya kalau vaksin banyak, kita agak lari kencang di Oktober, November sampai Desember, maka kita siapkan beberapa skenario agar kalau ditambah (stok vaksin), kita bisa lebih enteng," ujarnya.

Ganjar mengungkapkan sejumlah daerah di Jateng siap melakukan percepatan vaksinasi, bahkan hari ini, Pemkab Sragen siap menyuntikkan 13 ribu dosis dalam sehari.

"Kalau ini bisa, sebenarnya saya ingin tunjukkan ke pemerintah pusat, bahwa Insya Allah kita mampu, pemda mampu untuk melakukan percepatan," katanya.

Baca juga: Ganjar sebut Jateng belum terima tambahan vaksin yang signifikan

Baca juga: Jateng belum jadikan sertifikat vaksin sebagai syarat bepergian

Kendati demikian, ada beberapa daerah di Jateng yang capaian vaksinasinya masih rendah, salah satunya adalah Kabupaten Brebes.

"Harapan kita percepatan dilakukan karena alokasi ditambah. Saya minta jangan lupa mencatat di aplikasi Pcare dan Smile,  karena dari situ capaian di daerah dibaca pusat. Termasuk saya titip untuk memrioritaskan lansia dan mereka-mereka yang risiko tinggi," ujarnya.

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Jateng kirim logistik dan relawan ke daerah terdampak erupsi Semeru

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar